Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 2 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2

Semangat Gotong Royong
Saat ini masyarakat tengah menghadapi cuaca ekstrem akibat musim pancaroba. Musim pancaroba adalah peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, seperti terjadinya hujan deras yang disertai petir dan angin kencang. Kondisi tersebut terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, ada beberapa daerah yang dilanda bencana angin puting beliung sehingga memorakporandakan beberapa fasilitas umum dan rumah penduduk. Bersyukur kejadian tersebut tidak menyebabkan jatuhnya korban jiwa walaupun kerugian materi yang diderita warga cukup besar. Tindakan warga sekitar sangat cepat. Mereka segera membantu warga yang terkena dampak bencana, antara lain menyediakan tempat tinggal sementara bagi warga yang rumahnya rusak dan menyediakan bantuan logistik berupa sembako dan pakaian untuk para korban. Mereka juga secara swadaya menyediakan bahan- bahan bangunan dan tenaga untuk memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak.

Peran para pemuka agama juga cukup besar bagi warga yang terkena bencana. Mereka memberikan bimbingan mental atau nasehat agar warga tetap tabah dan tidak patah semangat dalam menghadapi bencana tersebut. Mereka memotivasi warga agar dapat bangkit dan segera melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan ke kondisi semula atau bahkan menjadi lebih baik.

Pihak pemerintah daerah juga melakukan berbagai upaya pertolongan, seperti pendirian posko pengungsian dan dapur umum serta penyediaan tenaga medis dan tenaga SAR (search and rescue) untuk membantu warga yang terdampak. Pemerintah juga segera memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak serta menyediakan bantuan untuk rekontruksi rumah-rumah warga rusak.

Berkat partisipasi dan tindakan cepat dari berbagai pihak tersebut, proses pemulihan lokasi bencana dapat berjalan dengan baik dan lancar. Warga pun dapat kembali beraktivitas seperti semula.

1. Berdasarkan teks "Semangat Gotong Royong", berilah tanda centang (✔) pada setiap pernyataan yang tepat. (Jawaban dapat lebih dari satu)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
2. Max Weber mengelompokkan tindakan sosial atas empat kelompok. Tindakan warga yang menyediakan tempat tinggal sementara bagi korban bencana pada teks "Semangat Gotong Royong termasuk tindakan sosial
A. afektif
B. tradisional
C. rasional instrumental
D. rasional berorientasi nilai
E. Implementasi ciri kebudayaan

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 1 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 3 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 4 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 2 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)"