Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 2 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

1. Jawaban:
(A) Sesuai
(B) Tidak sesuai
(C) Sesuai
(D) Sesuai
(E) Tidak sesuai

Pembahasan:
(A) Pada paragraf pertama dituliskan bahwa "... menghadapi cuaca ekstrem akibat musim pancaroba... Bahkan, ada beberapa daerah yang dilanda bencana angin puting beliung."
(B) Pada paragraf pertama dituliskan bahwa "... Tindakan warga sekitar sangat cepat. Mereka segera membantu warga yang terkena dampak bencana..."
(C) Pada paragraf 2 dituliskan bahwa "... Peran para pemuka agama juga cukup besar bagi warga yang terkena bencana. Mereka memberikan bimbingan mental atau nasehat agar warga tetap tabah dan tidak patah semangat dalam menghadapi bencana tersebut. Mereka memotivasi warga agar dapat bangkit..."
(D) Pada paragraf 3 dituliskan bahwa "... Pemerintah juga segera memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak.
(E) Pada paragraf 1 dituliskan bahwa "... daerah yang dilanda bencana angin puting beliung sehingga memorakporandakan beberapa fasilitas umum dan rumah penduduk

2. Jawaban: D

Pembahasan
Tindakan sosial rasional berorientasi nilai merupakan tindakan yang berorientasi pada suatu nilai tertentu dengan menitikberatkan pada cara atau proses untuk mencapai suatu tujuan. Tindakan warga menyediakan tempat tinggal sementara bagi korban bencana merupakan cerminan dari salah satu nilai yang dijunjung bangsa Indonesia, yaitu nilai gotong royong.

Soal Klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 1 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 3 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 4 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 2 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)"