Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 1 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 

Kebebasan Bertanggung Jawab
Menurut Selo Soemardjan, masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. Adapun Gillin dan Gillin mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia terbesar yang mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang sama. Namun, pada ada masyarakat majemuk, terkadang terjadi perbedaan cara pandang terhadap suatu hal, terutama jika mereka memiliki latar belakang budaya dan tingkat pendidikan yang berbeda.

Setiap budaya memiliki nilai-nilai yang terkadang berbeda dengan nilai-nilai yang dianut budaya lain. Perbedaan nilai-nilai tersebut dapat memicu terjadinya konflik, baik vertikal maupun horizontal. Hal tersebut dapat terjadi saat seseorang menjalankan nilai-nilai budayanya tanpa memikirkan pengaruhnya terhadap orang lain di sekitarnya yang memiliki nilai-nilai berbeda atau bahkan memaksakan nilai- nilai budaya tersebut kepada orang lain.

Dalam negara demokrasi, setiap warga negara memiliki hak, salah satunya hak untuk bebas mengutarakan pendapatnya, baik melalui lisan maupun tulisan. Namun, kebebasan tersebut tidak boleh melanggar hak kebebasan orang lain. Misalnya, kita boleh membanggakan diri atau kelompok kita. Dalam prosesnya, kita tidak boleh menjelekkan atau merendahkan orang atau kelompok lain. Dengan demikian, setiap warga negara memiliki kewajiban untuk menjaga hak orang lain.

Hal tersebut dikenal sebagai kebebasan bertanggung jawab. Artinya, kebebasan yang dimiliki oleh setiap individu dan kelompok harus mempertimbangkan kebebasan individu atau kelompok lainnya. Kebebasan yang bertanggung jawab merupakan salah satu prinsip demokrasi, yaitu suatu kebebasan yang tidak merugikan orang lain.

1. Berdasarkan teks "Kebebasan Bertanggung Jawab", tentukanlah pernyataan yang benar dan salah. Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar dan Salah yang tersedia.

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
2. Setiap warga negara memiliki hak kebebasan, tetapi kita tidak dapat bertindak sebebas- bebasnya. Kebebasan tersebut harus dilakukan dengan prinsip demokrasi, yaitu...

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 2 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 3 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 4 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 1 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)"