Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 1 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

1. Jawaban: (1) Benar (2) Benar (3) Salah (4) Benar (5) Salah

Pembahasan:
(1) Benar. Pada paragraf pertama dituliskan bahwa "... Namun, pada masyarakat majemuk, terkadang terjadi perbedaan cara pandang terhadap suatu hal, terutama jika mereka memiliki latar belakang budaya dan tingkat pendidikan yang berbeda."
(2) Benar. Pada teks dituliskan bahwa ". Dalam negara demokrasi, setiap warga negara memiliki hak, salah satunya hak untuk bebas mengutarakan pendapatnya, baik melalui lisan maupun tulisan. Namun, kebebasan tersebut tidak boleh melanggar hak kebebasan orang lain."
(3) Tidak Benar. Pada paragraf 4 dituliskan bahwa "... Kebebasan yang bertanggung jawab merupakan salah satu prinsip demokrasi, yaitu suatu kebebasan yang tidak merugikan orang lain."
(4) Benar. Pada paragraf 2 dituliskan bahwa "... Setiap budaya memiliki nilai-nilai yang terkadang berbeda dengan nilai-nilai yang dianut budaya lain."
(5) Tidak Benar. Pada paragraf 2 dituliskan bahwa "... Perbedaan nilai-nilai tersebut dapat memicu terjadinya konflik, baik vertikal maupun horizontal."

2. Jawaban: Kebebasan yang bertanggung jawab

Pembahasan:
Pada paragraf keempat dituliskan "... Kebebasan yang bertanggung jawab merupakan salah satu prinsip demokrasi, yaitu suatu kebebasan yang tidak merugikan orang lain.

Soal klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 2 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 3 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 4 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 1 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)"