Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 3 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 

Semangat Kerja Sama
Ada empat orang sahabat, bernama Ani, Budi, Cakra, dan Desi. Keempatnya sangat kompak dan sering belajar bersama sepulang sekolah, terutama jika ada tugas dari guru atau akan menghadapi ulangan.

Hari ini, kelas Ani belajar mengenai kegiatan-kegiatan ekonomi. Ibu Guru menjelaskan mengenai konsep produksi, distribusi, konsumsi, dan harga. Sebelum pelajaran usai, beliau menugasi para siswa untuk mempelajari konsep-konsep kegiatan ekonomi tersebut. Ani mengajak Budi, Cakra, dan Desi untuk belajar bersama dalam mengerjakan tugas tersebut. Desi mengusulkan agar kegiatan tersebut dilakukan besok, hari Jumat. Cakra merasa keberatan karena pada hari Jumat, ia sudah berjanji akan membantu Ibunya membuat pesanan kue yang cukup banyak untuk dikirimkan pada hari Sabtu.

Ya, Ibu Cakra menerima pesanan pembuatan kue untuk membiayai kehidupan keluarganya. Ayah Cakra terkena PHK sehingga pendapatan dari penjualan kue merupakan satu-satunya sumber pendapatan keluarga Cakra. Oleh karena itu, Cakra selalu berusaha membantu saat ibunya menerima banyak pesanan.

Mendengar alasan Cakra, Budi mendapatkan ide untuk membantu Cakra sambil belajar bersama. Alasan Budi adalah kegiatan yang dilakukan oleh Ibu Cakra merupakan kegiatan ekonomi. Dengan membantu Cakra, mereka akan belajar mengenai kegiatan ekonomi melalui praktik langsung sehingga akan dapat memahami konsep-konsepnya dengan lebih baik. Ibaratnya, sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati. Ani dan Desi sepakat dengan ide Budi tersebut. Cakra yang mendengar hal tersebut merasa senang karena teman-temannya tidak mengejek keadaan keluarganya, bahkan berkeinginan untuk membantunya.

1. Kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga. pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama. Pilihlah beberapa tindakan tokoh-tokoh pada teks yang menurut Anda menggambarkan tindakan kerja sama. Beri tanda (✔) pada kolom Ya atau Tidak.

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
2. Berdasarkan teks tersebut, kegiatan yang paling tepat mencerminkan peribahasa “sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati” adalah...
A. belajar bersama dalam mengerjakan tugas
B. belajar mengenai kegiatan-kegiatan ekonomi
C. membantu Cakra sambil belajar kegiatan ekonomi
D. menerima pesanan pembuatan kue untuk membiayai keluarganya
E. menerima pesanan kue untuk mengajar Cakra dan teman-temannya

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 1 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 2 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 4 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 3 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)"