Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 4 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Cermati dan pahami stimulus berikut.

Pembelajaran Tatap Muka
Pada awal pandemi Covid-19, pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk meminimalisasi potensi penyebaran virus Covid-19 yang masif ke seluruh wilayah Indonesia. Namun, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh bukan tanpa kendala. Kendala-kendala yang dihadapi, antara lain keterbatasan sarana dan prasarana belajar dan mengajar jarak jauh serta tingkat kemampuan pemahaman siswa yang berbeda-beda.

Hal tersebut menyebabkan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menjadi kurang optimal. Untuk mengantisipasi risiko learning loss, pemerintah mempertimbangkan kembali pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Dalam pelaksanaan PTM, pemerintah menerapkan dua strategi untuk mencegah klaster penularan Covid-19, yaitu 3M dan 3T. 3M terdiri atas memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Adapun 3T mencakup testing (melakukan tes Covid-19), tracing (penelusuran kontak erat), dan treatment (perawatan pada pasien).

Khusus untuk 3T, pemerintah akan melakukan tes acak di satuan pendidikan. Selain itu, untuk memudahkan pengawasan, pemerintah juga akan mengintegrasikan aplikasi Peduli Lindungi pada sistem satuan pendidikan. Dalam pelaksanaan kebijakan PTM tersebut, pemerintah juga akan menetapkan indikator positivity rate. Indikator ini akan menjadi panduan tindakan apabila terdeteksi infeksi Covid-19 dengan positivity rate < 1%, di antara 1-5%, dan bila di atas 5% dalam pelaksanaan PTM.

Dengan demikian, satuan pendidikan lain yang telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan tanpa kasus dapat melanjutkan pelaksanaan PTM.

Diolah dari covid.go.id

Soal 1
Berdasarkan stimulus, pilih dan berilah tanda centang (✔) pada langkah-langkah yang disiapkan pemerintah untuk mencegah klaster penularan Covid-19 pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka. (Jawaban lebih dari satu)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
Soal 2
Berdasarkan stimulus, tentukanlah pernyataan yang sesuai dan tidak sesuai. Berilah tanda centang (✔) pada kolom Sesuai dan Tidak Sesuai yang tersedia.

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 1 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 2 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 3 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 4 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)"