Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 1 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.

Dampak Perubahan Kebijakan
Baru-baru ini banyak diberitakan mengenai aksi mogok produksi yang dilakukan oleh pengrajin tahu dan tempe. Aksi tersebut dilakukan sebagai pernyataan protes atas kenaikan harga kedelai yang merupakan bahan baku utama produk tahu dan tempe. Kenaikan harga tersebut disinyalir akibat adanya kenaikan harga kedelai impor karena perubahan kebijakan di negara asalnya.

Ya, ternyata kedelai yang digunakan untuk memproduksi tahu dan tempe yang kita makan sehari-hari adalah kedelai impor. Dengan demikian, harga ditentukan oleh kebijakan pemerintah di negara asalnya. Perubahan kebijakan harga jual atau ekspor di negara asal dapat berdampak pada negara-negara pengimpor, termasuk Indonesia.

Contoh kasus di atas menggambarkan kondisi saat terjadi perubahan kebijakan atau peraturan. Pengaruh perubahan tidak hanya dirasakan oleh anggota kelompok di mana kebijakan atau peraturan tersebut berlaku, tetapi juga pada kelompok-kelompok lain yang berinteraksi dengan kelompok tersebut. Mengapa perubahan suatu kebijakan berdampak pada anggota masyarakatnya? Bagaimana jika terjadi perubahan yang terus menerus?

Kebijakan atau peraturan pemerintah termasuk norma formal karena bersumber dari lembaga masyarakat (institusi) formal. Kebijakan pemerintah juga termasuk norma hukum. Norma hukum merupakan himpunan petunjuk dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat atau negara serta memiliki sanksi yang mengikat dan memaksa. Norma ini dibuat untuk menciptakan suasana aman dan tenteram dalam masyarakat.

Oleh karena itu, perubahan suatu kebijakan akan memengaruhi anggota masyarakatnya, misalnya harus mengubah tindakan atau rencana sesuai kebijakan baru. Jika perubahan kebijakan terjadi terus menerus, anggota masyarakat akan mengalami kebingungan dan keresahan. Keresahan terjadi akibat mereka tidak dapat meneruskan rencana yang sudah ada atau bahkan sulit membuat rencana karena tidak dapat memprediksi kondisi di masa mendatang. Dengan demikian, tujuan untuk menciptakan suasana yang aman dan tenteram dalam masyarakat tidak dapat tercapai. 

Diolah dari berbagai sumber.

1. Berdasarkan teks "Dampak Perubahan Kebijakan", pilih dan berilah tanda centang (✔) pada setiap pernyataan yang tepat. (Jawaban lebih dari satu).

2. Mengapa perubahan kebijakan berpengaruh terhadap masyarakat?

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 2 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 3 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 4 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 1 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)"