Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 3 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Cermati infografis berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.

Penggusuran Tidak Selalu Berakibat Buruk
Dulu, Ani dan keluarganya tinggal di daerah permukiman yang berbatasan dengan tempat pembuangan sampah terakhir (TPST). Akhir-akhir ini, kondisi lingkungan di daerah tersebut makin menurun kualitasnya. Hal tersebut disebabkan makin besarnya volume sampah yang ada di TPST. Kondisi ini tentu saja dapat berdampak buruk pada kesehatan masyarakat sekitar. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah daerah setempat berencana melakukan penertiban pada kawasan tersebut, salah satunya dengan merelokasi beberapa permukiman warga di sekitar lokasi TPST ke tempat yang baru. Selain untuk memperbaiki kualitas hidup warga, pemerintah juga mengantisipasi kemungkinan kebutuhan perluasan lahan TPST.

Awalnya, saat mendengar rencana pemerintah tersebut, keluarga Ani dan warga lainnya menyatakan keberatan untuk pindah. Meskipun kondisi lingkungannya sudah tidak ideal, mereka memiliki rasa keterikatan yang tinggi dengan tempat tersebut karena telah turun-temurun tinggal di sana. Selain itu, warga juga khawatir dengan lokasi baru yang direncanakan menjadi permukiman baru mereka. Pemerintah kemudian mengajak warga untuk berdialog. Dalam dialog tersebut, warga mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai daerah yang akan menjadi tempat tinggal baru dan kompensasi yang akan diterima jika bersedia digusur dan daerah yang akan menjadi tempat tinggal baru mereka. Akhirnya, warga setuju untuk relokasi ke daerah baru.

Sudah tiga bulan Ani dan keluarganya tinggal di permukiman yang baru. Mereka dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman, tanpa terganggu oleh aroma tidak sedap dari tumpukan sampah. Kesehatan mereka juga menjadi lebih baik. Keluarga Ani dan warga lainnya merasa senang karena ikut program relokasi tersebut.

Diolah dari berbagai sumber

1. Berdasarkan teks "Penggusuran Tidak Selalu Berakibat Buruk, tentukanlah pernyataan yang sesuai dan tidak sesuai. Berilah tanda centang (✔) pada kolom Sesuai dan Tidak Sesuai yang tersedia.

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
2. Berdasarkan teks "Penggusuran Tidak Selalu Berakibat Buruk", sikap warga terhadap rencana penggusuran dan relokasi permukiman mereka adalah
A. menyatakan keberatan untuk pindah
B. melakukan protes terhadap pengelola TPST
C. mempertahankan rumah dan tanah leluhurnya
D. memiliki rasa keterikatan yang tinggi dengan tempat tersebut
E. setuju untuk direlokasi ke tempat baru setelah berdialog dengan pemerintah

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 1 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 2 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 4 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 3 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)"