Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 2 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.

Presidensi G20 Indonesia
Sejak Desember 2021, Indonesia memegang Presidensi G20 (Group of 20). G20 adalah forum kerja sama internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan. G20 beranggotakan 19 negara dan 1 kawasan, yaitu Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Tema yang diangkat oleh Presidensi G20 Indonesia adalah "Recover Together, Recover Stronger" atau "Pulih Bersama". Tema ini mengambil inspirasi gotong royong. Gotong royong merupakan salah satu nilai dasar bangsa Indonesia yang telah membudaya. Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pandemi telah menyadarkan bahwa budaya gotong royong memiliki peranan yang penting dalam membantu bangsa Indonesia untuk pulih bersama.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek menyebutkan ada empat agenda prioritas yang akan diangkat dalam Kelompok Kerja Pendidikan G20 (G20 Education Working Group), yaitu solidaritas dan gotong royong pendidikan berkualitas untuk semua teknologi digital dalam pendidikan, serta masa depan dunia kerja pasca Covid-19. Menurutnya, negara-negara G20 perlu saling bekerja sama membantu dunia dalam mengatasi ketimpangan akses pendidikan yang berkualitas pasca pandemi Covid-19. Hal tersebut sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4.

Budaya gotong royong diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi dunia untuk bersama-sama pulih dari pandemi, melangkah ke depan, dan menata dunia yang lebih baik.

Diolah dari kemdikbud.go.id.

1. Berdasarkan teks "Presidensi G20 Indonesia", tentukanlah pernyataan yang Sesuai dan Tidak Sesuai. Berilah tanda centang (✔) pada kolom yang tersedia.

2. Berdasarkan pengelompokan jenis-jenis lembaga sosial, Group of 20 yang tercantum pada teks "Presidensi G20 Indonesia" termasuk lembaga jenis
A. politik
D. ekonomi
B. agama
E. pendidikan
C. keluarga

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 1 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 3 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 4 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 2 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)"