Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 3 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

1. Jawaban:
(1) Sesuai
(2) Tidak Sesuai
(3) Tidak Sesuai
(4) Sesuai
(5) Tidak Sesuai

Pembahasan:
(1) Pernyataan sesuai karena pada paragraf pertama dituliskan bahwa”... Akhir-akhir ini kondisi lingkungan di daerah tersebut makin menurun kualitasnya. Hal tersebut disebabkan makin besarnya volume sampah yang ada di TPST...”
(2) Pernyataan tidak sesuai karena pada paragraf pertama dituliskan bahwa”... pemerintah daerah setempat berencana melakukan penertiban pada kawasan tersebut, salah satunya dengan merelokasi beberapa permukiman warga di sekitar lokasi TPST ke tempat yang baru”.
(3) Pernyataan sesuai karena pada paragraf kedua dituliskan”... keluarga Ani dan warga lainnya menyatakan keberatan untuk pindah. Meskipun kondisi lingkungannya sudah tidak ideal, mereka memiliki rasa keterikatan yang tinggi dengan tempat tersebut karena telah turun-temurun tinggal di sana."
(4) Pernyataan sesuai karena pada paragraf ketiga dituliskan "... Saat ini, sudah tiga bulan Ani dan keluarganya tinggal di permukiman yang baru. Mereka dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman, tanpa terganggu oleh aroma tidak sedap dari tumpukan sampah."
(5) Pernyataan tidak sesuai karena pada paragraf kedua dituliskan bahwa warga setuju untuk relokasi setelah berdialog dengan pemerintah.

2. Jawaban: E

Pembahasan:
Pada paragraf ketiga, dituliskan bahwa” ... Dalam dialog tersebut, warga mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai daerah yang akan menjadi tempat tinggal baru dan kompensasi yang akan diterima jika bersedia digusur. Akhirnya, warga setuju untuk relokasi ke daerah baru."

Soal klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 1 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 2 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 4 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 4. 3 Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)"