Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 3 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

1. Jawaban: Toleransi diperlukan karena dapat menghindarkan masyarakat multikultural dari konflik.

Pembahasan:
Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang komposisinya terdiri atas berbagai macam komunitas suku bangsa dan budaya dengan beragam nilai sosial dan adat istiadat. Keberagaman ini dapat memicu konflik apabila tiap orang tidak memiliki semangat toleransi, yaitu menerima perbedaan dan menghargai keberagaman.

2. Jawaban:
(1) Sesuai
(2) Sesuai
(3) Sesuai
(4) Sesuai
(5) Tidak Sesuai

Pembahasan:
(1) Sesuai karena dijelaskan pada teks bahwa Hari Toleransi Internasional ditetapkan pada tanggal 16 November 1996 ketika Majelis Umum PBB mengundang negara-negara anggota PBB untuk memperingati Hari Toleransi Internasional sebagai tindak lanjut peringatan Tahun Toleransi PBB yang dirayakan pada tahun 16 November 1995.
(2) Sesuai karena jelas dalam teks bahwa Hari Toleransi Internasional ditetapkan pada saat peringatan Tahun Toleransi PBB yang ditetapkan tahun 1993 atas inisiatif The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan.
(3) Sesuai karena dijelaskan dalam teks bahwa melalui penetapan hari toleransi, PBB berkomitmen untuk memperkuat toleransi dengan memupuk saling pengertian di antara budaya dan masyarakat global untuk berbagai kekerasan yang ditandai dengan pengabaian mendasar terhadap kehidupan manusia.
(4) Sesuai karena menurut KBBI, sikap toleran adalah menenggang, menghargai, membiarkan atau membolehkan pendirian, pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri. Dalam hal ini, dapat dipahami bahwa toleransi adalah keterbukaan menerima dan menghargai hal-hal dari diri orang lain meski berbeda dengan saya.
(5) Tidak sesuai karena pada teks dijelaskan bahwa Indonesia memiliki 300 kelompok etnis, 1.340 kelompok suku bangsa, 718 bahasa daerah, dan 6 agama besar.

Soal klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Uji Capaian Pembelajaran 2 (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 4 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 2 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 1 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 5: Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 3 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)"