Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 2 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 

Pekan Kebudayaan Nasional: Ruang Bersama Indonesia Bahagia
Sebagai salah satu resolusi yang dihasilkan dalam Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Pekan Kebudayaan Nasional menjadi implementasi dari salah satu agenda strategi pemajuan kebudayaan, yaitu menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif.

PKN merupakan wujud dari dorongan Presiden RI agar diperbanyak ruang- ruang dialog yang disebutnya sebagai "panggung Interaksi yang toleran". Beragam kontestasi, menurut Presiden, baik ekonomi maupun politik, jika dijalankan tanpa adanya toleransi, akan memperlebar ketimpangan. Sebagai ruang bersama, PKN diharapkan dapat mendorong terwujudnya sikap saling memahami, menghargai, dan menghormati di antara anak bangsa.

Konsep PKN mirip dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga ke pusat. Namun, PKN tidak dikemas sebagai adu prestasi semata, tetapi lebih kepada representasi daerah- daerah atas kekayaan kebudayaan mereka masing-masing.

Terdapat beberapa kegiatan utama PKN yang dapat diikuti dan dinikmati oleh publik secara gratis. Di antaranya, pasanggiri atau kompetisi permainan rakyat berbasis objek pemajuan kebudayaan. Permainan yang dilombakan dari tingkat desa hingga pusat adalah gobak sodor, terompah panjang, egrang, dan lari balok. PKN juga menghadirkan Kampung Permainan Rakyat yang sederhana yang tidak memerlukan peralatan, fasilitas, atau logistik yang rumit. Kegiatan yang digelar diharapkan mampu mengasah dan mengembangkan permainan rakyat tersebut, sehingga jadi lebih menarik dan bisa menjadi perhatian publik.

Diolah dari kemdikbud.go.id.

1. Berdasarkan teks "Pekan Kebudayaan Nasional: Ruang Bersama Indonesia Bahagia", tentukan pernyataan-pernyataan yang termasuk Fakta atau Opini dengan membubuhkan tanda centang (✔) pada kolom pilihan yang sesuai.

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
2. Pekan Kebudayaan Nasional merupakan perayaan terhadap salah satu kekhasan yang menandai struktur sosial masyarakat Indonesia. Jelaskan struktur sosial yang dimaksud berdasarkan pandangan J. Nasikun.

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 1 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 3 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 4 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Uji Capaian Pembelajaran 2 (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 5: Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka) 

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 2 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)"