Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 1 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

1. Jawaban:

Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
Pembahasan:
(A) Pernyataan benar karena pada paragraf pertama dituliskan bahwa Perilaku gotong royong juga dikatakan pada Pancasila sita ke-3.
(B) Pernyataan salah karena pada paragraf pertama dituliskan bahwa "Dalam buku Pengantar Ilmu Antropologi (2015) oleh Koentjaraingral, gotong royong adalah kerja bersama dalam upaya mencukupi kebutuhan dan menghadapi permasalahan secara bersama
(C) Pernyataan benar karena pada paragraf kedua dituliskan bahwa "Sikap gotong royong memiliki nilai-nilai luhur, di antaranya adanya sikap kerja sama yang tinggi, menjunjung tinggi sikap kekeluargaan..."
(D) Pernyataan tidak benar karena pada paragraf ketiga dituliskan bahwa ". royong merupakan salah satu dari lima nilai karakter utama di samping religius, nasionalis, mandiri, dan integritas", bukan solidaritas.
(E) Pernyataan benar karena pada paragraf ketiga dituliskan bahwa "Gotong royong di sekolah wajib dilakukan agar pekerjaan dapat selesai dengan cepat dan bisa dinikmati oleh semua warga sekolah.

2. Jawaban:
Nilai-nilai luhur sikap gotong royong antara lain adanya sikap kerja sama yang tinggi, menjunjung tinggi sikap kekeluargaan, sikap hormat menghormati teman sekelas, mengutamakan kerja keras, melakukan piket kelas.

Pembahasan:
Pada paragraf ketiga dituliskan bahwa "Sikap gotong royong memiliki nilai-nilai luhur, di antaranya adanya sikap kerja sama yang tinggi, menjunjung tinggi sikap kekeluargaan, sikap hormat menghormati teman kerja, mengutamakan kerja keras, mengutamakan kepentingan bersama."

Soal klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 2 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 3 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 4 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Uji Capaian Pembelajaran 2 (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 5: Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka) 

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 5. 1 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)"