Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 4 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal 1
Jawaban dan Pembahasan
Pernyataan A Pada teks dituliskan “Erving Goffman dikenal sebagai seorang sosiolog dan penulis. Ia lahir di Mannville, Alberta, Kanada, …” Maka pernyataan A sesuai teks.
Pernyataan B Pada teks dituliskan “… Ia memelopori studi tentang interaksi tatap muka (face-to-face interaction) dan mikrososiologi, …” Maka pernyataan B sesuai teks.
Pernyataan C Pada teks dituliskan “… Disampaikan dalam buku The Presentation of Self in Everyday Life, dramaturgi adalah perspektif sosiologis yang juga komponen dari interaksi simbolik …” Maka pernyataan C tidak sesuai teks.
Pernyataan D Pada teks dituliskan “… Dramaturgi menggunakan metafora teater untuk menjelaskan perilaku manusia …” Maka pernyataan D sesuai teks.
Pernyataan E Pada teks dituliskan “… Umumnya, individu berupaya untuk memenuhi harapan-harapan masyarakat. Jika seseorang tidak setuju dengan norma yang berlaku, orang tersebut tetap berusaha menampilkan diri sesuai dengan norma masyarakat …” Maka pernyataan E tidak sesuai teks.

Soal 2
Jawaban

Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
Pembahasan
Pernyataan 1 Pada teks dituliskan “… cara individu untuk unjuk diri dan setiap orang ingin menciptakan kesan tertentu dalam pandangan orang lain. Goffman menyebut usaha ini sebagai pengaturan kesan …” Pasangan yang tepat adalah D.
Pernyataan 2 Pada teks dituliskan “… dramaturgi adalah perspektif sosiologis yang juga komponen dari interaksi simbolik …” Pasangan yang tepat adalah B.
Pernyataan 3 Pada teks dituliskan “… ‘Peran’ di sini merujuk pada nama dari karakter dalam suatu teater dan cara individu mengisi peran-peran dalam dunia nyata …” Pasangan yang tepat adalah E.
Pernyataan 4 Pada teks dituliskan “Erving Goffman dikenal sebagai seorang sosiolog dan penulis … Goffman adalah seorang sosiolog paling berpengaruh di abad ke-20 …” Pasangan yang tepat adalah C.

Soal klik di SINI

Lihat Juga:

Erving Goffman: Biografi dan Teori Dramaturgisnya

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 1 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 2 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 3 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 3. 4 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)"