Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 2 Sosiologi SMA Kelas X (Kurikulum Merdeka)

Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 2  Sosiologi SMA Kelas X (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai
1. Berdasarkan cara terbentuknya, terdapat dua model lembaga sosial. Tuliskan dua cara terbentuknya lembaga sosial dan berikan masing-masing satu contoh.
2. Perhatikan gambar berikut.

Lembaga Sosial
Untuk memfasilitasi minat warga berkaitan dengan tempat-tempat seperti ditunjukkan gambar. pemerintah membentuk lembaga-lembaga yang berwenang untuk mengelolanya. Jelaskan lembaga sosial tersebut, jika dilihat berdasarkan sistem nilai yang diterima masyarakat.
3. Pengendalian sosial dapat dibedakan menjadi pengendalian formal dan nonformal. Jelaskan kedua cara pengendalian tersebut dan berikan masing-masing satu contoh.
4. Stratifikasi sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas yang tersusun secara bertingkat. Perwujudannya dalam masyarakat dikenal sebagai kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah. Selain itu, ada pula perbedaan stratifikasi antara masyarakat tradisional dan perkotaan. Jelaskan perbedaan tersebut.
5. Masyarakat multikultural tidak hanya menciptakan sisi positif. Tiap warga juga harus bersiap menghadapi konflik antarmasyarakat yang kapan saja bisa terjadi di Indonesia. Tuliskan peran yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisasi konflik antarmasyarakat.
6. Keanekaragaman dan kemajemukan masyarakat Indonesia tidak terjadi begitu saja, melainkan juga didorong oleh beberapa faktor. Tuliskan faktor-faktor yang melatarbelakangi keberagaman di Indonesia. Jelaskan.
7. Kondisi masyarakat yang multikultural memiliki konsekuensi seperti menimbulkan beberapa permasalahan sosial. Tuliskan masalah-masalah sosial tersebut. Jelaskan.
8. Masyarakat yang memiliki beragam kebudayaan menjadi keunikan tersendiri bagi sebuah negara. Sebagai seorang siswa, manfaat apakah yang bisa Anda dapatkan dari adanya masyarakat multikultural.
9. Jelaskan hubungan antara prasangka dan stereotip. Jelaskan pula sikap yang menurut Anda penting dikembangkan untuk menghindari prasangka dan stereotip.
10. Heterogenitas dalam masyarakat salah satunya dibagi berdasarkan jenis kelamin. Akibat heterogenitas ini, akan muncul gejala-gejala sosial. Jelaskan gejala-gejala sosial akibat dari heterogenitas berdasarkan jenis kelamin.

Download

Kunci Jawaban

Lihat Juga:

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Materi Sosiologi Fase E (Kelas X) CP 2

1. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)
2. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 5: Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Fase E (Kelas X) Alternatif CP 2

1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal-Soal:

Soal Pilihan Ganda Bab 4 Klik di SINI

Soal Esai Bab 4 Klik di SINI

Soal Pilihan Ganda Bab 5 Klik di SINI

Soal Esai Bab 5 Klik di SINI

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 2 Sosiologi SMA Kelas X (Kurikulum Merdeka)"