Kunci Jawaban Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 2 Sosiologi SMA Kelas X (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 2  Sosiologi SMA Kelas X (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai

1. Jawaban: Secara garis besar, timbulnya lembaga sosial dapat diklasifikasikan ke dalam dua cara berikut.
a. Secara tidak terencana, artinya lembaga sosial itu lahir secara bertahap (berangsur-angsur) dalam praktik kehidupan masyarakat. Hal ini biasanya terjadi ketika manusia dihadapkan pada masalah-masalah yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidupnya. Contohnya dalam kehidupan ekonomi, ketika sistem barter (tukar barang) sudah dianggap tidak efisien, maka masyarakat menggunakan mata uang untuk mendapatkan barang yang diinginkan.
b. Secara terencana, artinya lembaga sosial muncul melalui suatu perencanaan yang matang oleh seseorang atau sekelompok orang yang memiliki kekuasaan dan wewenang. Misalnya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang penghasilannya terus menurun akibat lahan usaha dan lahan pertanian yang kurang memadai, pemerintah membentuk institusi atau lembaga transmigrasi.

2. Jawaban: Berdasarkan sudut sistem nilai yang diterima oleh masyarakat ada Subsidiary Institution, yaitu Lembaga sosial yang berkaitan dengan hal yang dianggap oleh masyarakat kurang penting, seperti rekreasi. Ukuran yang digunakan untuk menentukan penting atau tidaknya suatu lembaga sosial sangat bergantung pada kondisi dan situasi masyarakat yang bersangkutan.

3. Jawaban: cara pengendalian formal adalah cara pengendalian sosial oleh lembaga-lembaga resmi yang memiliki peraturan-peraturan resmi, seperti perusahaan, perkumpulan serikat kerja, dan lembaga peradilan. Peraturan-peraturan lembaga ini umumnya tertulis dan sudah distandarisasi.

Cara pengendalian informal adalah cara pengendalian sosial yang dilakukan oleh kelompok yang kecil, akrab, bersifat tidak resmi, dan tidak mempunyai aturan-aturan resmi yang tertulis. Cara pengendalian dalam kelompok-kelompok ini cenderung spontan atau tidak direncanakan.

4. Jawaban: Dalam masyarakat yang masih homogen dan tradisional, pembedaan kedudukan dan peran masih sedikit, sehingga stratifikasi sosialnya pun sedikit. Namun, pada masyarakat perkotaan yang heterogen, stratifikasi lebih banyak karena didasarkan pada kriteria pendidikan. Atas dasar ini, timbullah berbagai macam keahlian atau profesi (pembagian kerja).

5. Jawaban: Lebih terbuka untuk memahami dan menghargai keberagaman, dengan mengembangkan sikap toleransi.

6. Jawaban: Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan multikulturalisme masyarakat Indonesia, antara lain, pertama karena letak geografis Indonesia yang berada pada posisi yang strategis, yaitu diapit oleh Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta berada di antara Benua Asia dan Benua Australia. Kedua, kondisi geografis Indonesia yang meliputi kurang lebih 13.000 pulau memungkinkan nenek moyang bangsa Indonesia bermukim di berbagai wilayah-wilayah yang kaya akan sumber daya alam. Ketiga, kondisi iklim dan struktur tanah di mana perbedaan curah hujan dan kesuburan tanah turut menjadi faktor pembentukan masyarakat multikultural.

7. Jawaban: Masyarakat multikultural seperti Indonesia cenderung menghadapi masalah-masalah tertentu, yaitu perasaan etnisitas yang kuat, primordialisme, etnosentrisme, dan stereotipe.

8. Jawaban: untuk manfaat/dampak positif masyarakat multikultural bisa diakses pada link berikut: https://www.sosial79.com/2020/09/pengertian-masyarakat-multikultural.html

9. Jawaban: Stereotip merupakan suatu konsep yang erat kaitannya dengan konsep prasangka. Orang yang melakukan stereotip terhadap kelompok lain cenderung berprasangka terhadap kelompok lain. Stereotip adalah citra yang kaku mengenai suatu kelompok ras atau budaya yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Sikap terbuka dan kesediaan untuk mempelajari kebudayaan yang berbeda dengan kita akan mengurangi prasangka terhadap kelompok lain.

10. Jawaban: Pembedaan kedudukan antara laki-laki dan perempuan, isu gender, serta subordinasi kaum perempuan.

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Materi Sosiologi Fase E (Kelas X) CP 2

1. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)
2. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 5: Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Fase E (Kelas X) Alternatif CP 2

1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal-Soal:

Soal Pilihan Ganda Bab 4 Klik di SINI

Soal Esai Bab 4 Klik di SINI

Soal Pilihan Ganda Bab 5 Klik di SINI

Soal Esai Bab 5 Klik di SINI

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 2 Sosiologi SMA Kelas X (Kurikulum Merdeka)"