Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 5: Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 5: Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai
1. Tuliskan contoh gejala sosial positif yang terjadi di masyarakat sekitar Anda yang berkaitan dengan upaya mengurangi kesenjangan di bidang pendidikan.
2. Dalam masyarakat, terdapat dua macam heterogenitas, yaitu berdasarkan profesi dan jenis kelamin. Menurut Anda, mengapa bisa terjadi heterogenitas dalam hal profesi atau pekerjaan?
3. Apa yang dimaksud dengan struktur sosial horizontal dan struktur sosial vertikal? Jelaskan.
4. Apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam multikulturalisme? Jelaskan.
5. Mengapa struktur sosial perdesaan berbeda dengan struktur sosial masyarakat perkotaan? Jelaskan dan berikan contohnya.
6. Hubungan timbal balik antarindividu, antarkelompok dan hubungan individu dengan kelompok akan menghasilkan kerja sama, persaingan, maupun konflik. Jelaskan dan beri contohnya.
7. Dalam masyarakat modern, keanekaragam masyarakat atau heterogenitas merupakan suatu keniscayaan. Menurut Anda, mengapa terjadi heterogenitas dalam kehidupan masyarakat? Jelaskan.
8. Perkembangan multikulturalisme yang begitu pesat disebabkan oleh beberapa faktor. Tuliskan faktor-faktor yang mendorong pemikiran multikulturalisme menurut H. A. R. Tilaar.
9. Mengapa pendidikan masyarakat multikultural sangat penting bagi bangsa Indonesia. Berikan pendapat Anda dengan bukti yang cukup.
10. Adanya perbedaan dalam masyarakat, menyebabkan rentannya terjadi konflik dalam masyarakat. Menurut pendapat Anda, bagaimana cara untuk meminimalisir konflik perbedaan dalam masyarakat?

Download

Kunci Jawaban dan Pembahasan Klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Soal Uji Capaian Pembelajaran 2:

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Soal Esainya Klik di SINI

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 5: Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Program Tahunan (Prota) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka) 

Program Semester (Prosem) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka)

Capaian Pembelajaran Sosiologi (Fase E)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Sosiologi SMA Fase E

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka)

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E - Bab 5

PPT Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 5 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

Video Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 5 Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)

PPT Penerbit: PPT SMA SOSIOLOGI KELAS 10 KM - BAB 5

Baca Juga:

Materi P5 : Bullying (Perundungan): Pengertian, Kategori, Karakteristik, Faktor Penyebab, Jenis, Teori, dan Peran Orang Tua

Video Materi P5 tentang Perundungan (Bullying)

PPT Materi P5 tentang Perundungan (Bullying) untuk Kurikulum Merdeka
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 5: Gejala Sosial dalam Masyarakat Multikultural (Kurikulum Merdeka)"