Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI Bab 1. 2 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 

Fungsi dan Peran Teman Sebaya dalam Perkembangan Anak
Kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan pasti melakukan interaksi untuk membangun sebuah hubungan, di mana di dalam hubungan itu tercipta proses timbal balik antara satu individu dengan individu lain. Seperti yang kita ketahui bahwa sosial emosional itu terbentuk ketika terjadi interaksi yang kemudian melibatkan perasaan atau reaksi yang ditujukan kepada seseorang.

Nah, setiap orang di dunia ini pasti memiliki seorang teman bukan? Entah dalam lingkup sebaya, atau bahkan hubungan yang terjalin lebih dekat seperti seorang sahabat yang saling mendukung, bekerja sama, saling memberikan afeksi, dan saling pengertian di dalam persahabatan itu. Sementara itu, pengertian dari teman sebaya adalah sekelompok individu yang terbentuk karena usia dan tingkat kedewasaan yang hampir sama. Tingkat kedewasaan diukur dari cara seseorang menyikapi suatu hal.

Peran teman sebaya sangat penting dalam perkembangan anak usia dini karena hubungan yang terjalin akan membentuk karakter dan kepribadian anak dalam berkehidupan sosial. Berikut beberapa fungsi dari teman sebaya:
1) Memberikan dukungan sosial, moral, dan emosional. Dukungan sosial dalam hal ini diartikan sebagai transaksi interpersonal di mana individu memberikan bantuan kepada individu lain berupa pemberian informasi, bantuan materi, ataupun tindakan. Dukungan moral di sini contohnya memotivasi teman ketika sedang terpuruk atau menasihatinya. Sementara itu, dukungan emosional ditunjukkan dengan ekspresi empati, mendengarkan ketika teman sedang curhat, atau memahami teman. Dukungan-dukungan tersebut diberikan untuk membuat individu merasa diperhatikan dan dihargai sebagai seorang teman.
2) Memberikan keterampilan sosial bagi anak, keterampilan melalui proses belajar yang digunakan dalam berhubungan dengan lingkungan dengan cara yang baik. Keterampilan sosial terbagi menjadi dua. Pertama, keterampilan bekerja sama seperti gotong royong, menghargai pekerjaan orang lain, dan mengambil tanggung jawab dari perannya. Kedua, keterampilan berkomunikasi, yaitu tentang cara seorang anak yang berani mengungkapkan pendapat dan menghargai pendapat orang lain yang berbeda. Keterampilan ini akan menjadikan seseorang mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan temannya. Keterampilan ini harus dimiliki oleh setiap individu agar dapat menjalankan hidupnya dengan baik sebagai makhluk individu maupun sosial.
3) Memberi kesempatan kepada anak untuk belajar mengontrol diri agar tidak mudah marah dan egois atau mementingkan dirinya sendiri. Misalnya, ketika anak bermain dengan temannya, kemudian saling meminjamkan mainan.
4) Sebagai agen sosialisasi yang dapat saling bertukar cerita tentang hobi maupun kebiasaan karena daya imajinatifnya cenderung sama.

Sumber: https://www.kompasiana.com/fatussahara/5e636cdbd541df71df3d9452lfungsi-dan-peran teman-sebaya-dalam-perkembangan-anak?page=all#sectionall

1. Pernyataan berikut yang paling tepat menjelaskan teman sebaya adalah
A. sekelompok individu yang terbentuk karena usia dan tingkat kedewasaan yang hampir sama
B. hubungan sosial emosional yang terbentuk saat terjadi interaksi timbal balik antara dua orang
C. sekelompok individu yang sudah dewasa dan saling mendukung serta bekerja sama
D. sekelompok orang yang saling memperhatikan dalam kehidupan sehari-hari
E. kumpulan individu yang memiliki hobi serta minat yang sama

2. Pilih dan berilah tanda centang (✔) pada setiap pernyataan yang informasinya terdapat dalam teks "Fungsi dan Peran Teman Sebaya dalam Perkembangan Anak".

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI Bab 1. 1 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI Bab 1. 3 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI Bab 1. 4 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)

Fase F (Kelas XI):
Materi Sosiologi Kelas XI (Fase F) CP 1:
Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 1: Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)
Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas XI (Fase F) CP 2:
Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 3: Konflik Sosial (Kurikulum Merdeka)
Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 4: Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI Bab 1. 2 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)"