Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 1 Sosiologi SMA Kelas X (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 1  Sosiologi SMA Kelas X (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai
1. Jawaban: Pola pikir common sense merupakan pola pikir secara umum atau pengetahuan umum dan biasanya semua orang sudah tahu hal tersebut. Sedangkan, imajinasi sosiologi berusaha melihat suatu fenomena serta hubungan-hubungan di antara masyarakat sehingga dapat melihat realitas secara mendalam. Selain itu, dengan imajinasi sosiologi manusia dapat membedakan antara personal trouble dan public issues.

2. Jawaban: Tindakan sosial adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan berorientasi pada atau dipengaruhi oleh orang lain. Tindakan sosial pada dasarnya dilakukan oleh individu kepada orang atau individu lain dengan memberikan pengaruh terhadap perubahan dalam lingkungan masyarakat. Tindakan tersebut bisa menimbulkan dampak positif maupun negatif pada perubahan yang ditimbulkan. Contohnya, Jafar menolong seorang pengemis yang sudah tua, pengemis tersebut sudah tidak makan 3 hari. Setelah itu Jafar membelikan pengemis tersebut makanan.

Fakta sosial adalah aktivitas yang dilakukan masyarakat, baik secara individu atau kelompok yang dapat mempengaruhi aspek-aspek politik, hukum, ekonomi, dan kebudayaan. Biasanya fakta sosial bersifat memaksa jika melanggar. Contohnya, ketika sedang lampu merah, pengendara harus berhenti, namun jika melanggar akan dikenakan sanksi.

3. Jawaban: Perbedaan antara sosiologi dan disiplin ilmu lainnya terletak dalam perspektif disiplin masing-masing terhadap objek kajiannya. Seperti contohnya ilmu psikologi, misalnya melakukan analisis perilaku individu. Sementara itu, unit analisis seorang sosiolog adalah masyarakat. Orang cenderung berpikir perilaku seseorang selalu berasal dari kepribadian dan motivasi yang berbeda. Dari sudut pandang sosiologis, penjelasan psikologis tidak salah, hanya kurang lengkap. Sosiolog menjelaskan bahwa perilaku masyarakat timbul tidak hanya dipengaruhi oleh motif dan sikap internal seseorang, tetapi juga dari konteks sosial di mana orang hidup. Seorang sosiolog juga belajar budaya seperti seorang antropolog. Antropologi adalah studi tentang budaya manusia. Seorang antropolog melihat budaya sebagai dasar bagi masyarakat, mempelajari bagaimana orang hidup dalam budaya yang berbeda dan bagaimana budaya berkembang. Sementara itu, seorang sosiolog melihatnya sebagai bagian dari sistem sosial lainnya yang bersama-sama membentuk masyarakat. Umumnya, sosiolog lebih cenderung untuk mempelajari masyarakat di mana mereka menjadi bagiannya. Antropolog cenderung untuk mempelajari budaya yang jauh dan terpencil. Seorang sosiolog tertarik pada semua lembaga sosial yang ada di masyarakat.

4. Jawaban: Hipotesis nol (Ho), yaitu dugaan awal sebelum dilakukan penelitian. Dugaan ini biasanya berisi apa yang ingin dipatahkan atau ditolak dengan melakukan penelitian. Dalam hal ini, Vani ingin mematahkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kebersihan kelas dengan kenyamanan belajar siswa.

5. Jawaban: Teknik analisis data dibagi atas dua macam teknik, yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data secara kuantitatif menggunakan rumus-rumus statistik dalam mengolah data yang sudah terkumpul, kemudian data tersebut diorganisasikan melalui tabulasi, dan data disajikan dalam bentuk data statistik. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan analisis fenomena yang terjadi di lapangan dikaitkan dengan teori yang ada, kemudian data disajikan dalam bentuk narasi dan diberi interpretasi.

6. Jawaban: Hipotesis kerja atau alternatif (Ha), yaitu dugaan yang ingin dibuktikan oleh peneliti. Hipotesis kerja menyatakan adanya hubungan antara variabel 1 dan 2. Dari kedua variabel tersebut, hipotesis kerjanya adalah media sosial memiliki pengaruh terhadap perilaku sosial anak, karena menyatakan hubungan antara kedua variabel.

7. Jawaban: Bergabungnya beberapa perusahaan dalam menanggulangi kasus kelaparan dan malnutrisi patut diapresiasi dan masyarakat masih menunggu donator-donatur lain untuk mengikuti jejak beberapa perusahaan yang peduli dengan kondisi tersebut. Selain itu, kolaborasi perusahaan-perusahaan dengan pemerintah juga perlu dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang terjangkau. Serta, masyarakat yang mampu mengonsumsi makanan bergizi hendaknya lebih bijak dalam mengonsumsi makanan agar food waste dapat diminimalkan.

8. Jawaban: Tindakan rasional instrumental yang ada pada wacana adalah “… Beberapa perusahaan yang telah bergabung dalam misi tersebut untuk memberi dukungan dana, sarana, dan prasarana untuk terselenggaranya program tersebut …” Hal ini berarti beberapa perusahaan telah mempertimbangkan untuk membuat kegiatan tersebut dengan tujuan mengatasi kasus kelaparan dan malnutrisi di kalangan anak-anak. Tindakan rasional berorientasi nilai yang ada pada wacana adalah “… beberapa perusahaan untuk membantu warga masyarakat yang kurang beruntung dengan membuat program yang bernama ‘Selamat Pagi Indonesia’ dengan misi untuk memberikan asupan nutrisi kepada anak-anak yang masih belum bisa mengonsumsi sarapan dengan layak.’ Hal ini berarti tindakan-tindakan yang dilakukan beberapa perusahaan tersebut berkaitan dengan nilai kebaikan yakni membantu sesama manusia yang sedang mengalami kesulitan.

9. Jawaban: Tindakan rasional instrumental adalah tindakan yang dilakukan seseorang berdasarkan pada akal atau secara rasional dengan memperhitungkan kesesuaian antara cara yang digunakan dan tujuan yang hendak dicapai. Alat atau instrumen yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut diperhitungkan secara rasional dengan memperhatikan manfaat dan kegunaannya. Sementara itu, tindakan berorientasi nilai merupakan tindakan yang berorientasi pada suatu nilai tertentu dengan menitikberatkan pada cara atau proses bagaimana mencapai tujuan itu. Tindakan demikian biasanya berkaitan dengan nilai-nilai dasar yang berkembang  di masyarakat, di mana biasanya tindakan ini ditandai dengan prinsip-prinsip moral atau etika yang dilaksanakan secara kolektif untuk kebaikan masyarakat.

10. Jawaban: Ada lima unsur pokok dalam komunikasi, yaitu sebagai berikut.
(1) Komunikator, yaitu orang yang menyampaikan pesan, perasaan, atau pikiran kepada pihak lain.
(2) Komunikan, yaitu orang atau sekelompok orang yang menerima pesan, pikiran, atau perasaan.
(3) Pesan, yaitu sesuatu yang disampaikan oleh komunikator. Pesan dapat berupa informasi, instruksi, atau perasaan.
(4) Media, yaitu alat untuk menyampaikan pesan. Media komunikasi dapat berupa lisan, tulisan, gambar, atau film.
(5) Efek, yaitu perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapatkan pesan dari komunikator.

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Materi Sosiologi Fase E (Kelas X) CP 1:

1. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 1: Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka)
2. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)
3. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Fase E (Kelas X) Alternatif CP 1:
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1: Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)
 

Soal-Soal:

Soal Pilihan Ganda Bab 1 Klik di SINI

Soal Esai Bab 1 Klik di SINI

Soal Pilihan Ganda Bab 2 Klik di SINI

Soal Esai Bab 2 Klik di SINI

Soal Pilihan Ganda Bab 3 Klik di SINI

Soal Esai Bab 3 Klik di SINI

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 1 Sosiologi SMA Kelas X (Kurikulum Merdeka)"