Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Uji Capaian Pembelajaran 1 (Kurikulum Merdeka)

Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 3.

Pentingnya Kerja Sama dalam Kehidupan Sehari-hari
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hidup bermasyarakat, setiap orang pasti membutuhkan kerja sama. Mengapa demikian? Hal tersebut karena kerja sama akan memudahkan atau meringankan kegiatan yang sedang dikerjakan.

Pada hakikatnya, setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal tersebut mendorong manusia untuk melakukan interaksi dan membentuk kelompok untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tanpa kerja sama, manusia akan sulit untuk memenuhi sendiri seluruh kebutuhannya. Sejak lahir, manusia membutuhkan orang lain.

Pada prinsipnya, kerja sama dilakukan agar tujuan-tujuan dapat dicapai dengan baik. Kerja sama juga mendorong manusia memperhatikan kepentingan bersama dan saling menguntungkan. Suatu kerja sama harus dilandasi dengan kesepakatan yang membawa kemaslahatan bagi seluruh pihak yang terlibat.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan saat melakukan kerja sama, antara lain kerja sama akan membuat pekerjaan menjadi lebih ringan, dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, dapat memupuk rasa sosial dan kepedulian terhadap sesama, serta dapat menghindarkan kita dari sifat egois.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber.

Soal 1
Berdasarkan teks "Pentingnya Kerja Sama Dalam Kehidupan Sehari-hari", buatlah satu contoh kerja sama beserta manfaatnya.

Soal 2
Berdasarkan stimulus, tentukanlah pernyataan yang merupakan fakta atau opini. Berilah tanda centang (✔) pada kolom Fakta dan Opini yang tersedia. 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
Soal 3
Berdasarkan stimulus, pilih dan berilah tanda centang (✔) pada setiap pernyataan yang sesuai dengan stimulus. (Jawaban lebih dari satu)

Download

Pembahasan

Lihat Juga: 

Fase E (Kelas X):
Materi Sosiologi Fase E (Kelas X) CP 1:
1. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 1: Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka)
2. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)
3. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Fase E (Kelas X) Alternatif CP 1:
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1: Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Uji Capaian Pembelajaran 1 (Kurikulum Merdeka)"