Kunci Jawaban Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 2 Sosiologi SMA Kelas XI (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 2 Sosiologi SMA Kelas XI (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai

1. Jawaban: Pengertian konflik dari tiga orang tokoh sosiologi antara lain sebagai berikut.
a. Soerjono Soekanto menyebut konflik sebagai suatu proses sosial individu atau kelompok yang berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan, yang disertai dengan ancaman dan/atau kekerasan.
b. Lewis A. Coser berpendapat bahwa konflik adalah sebuah perjuangan mengenai nilai atau tuntutan atas status, kekuasaan, dan sumber daya yang bersifat langka dengan maksud menetralkan, mencederai, atau melenyapkan lawan.
c. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin melihat konflik sebagai bagian dari proses interaksi sosial manusia yang saling berlawanan (oppositional process). Artinya, konflik adalah bagian dari sebuah proses interaksi sosial yang terjadi karena adanya perbedaan-perbedaan fisik, emosi, kebudayaan, dan perilaku.

2. Jawaban: Konsiliasi merupakan usaha untuk mempertemukan keinginan-keinginan pihak yang bertikai untuk mencapai suatu kesepakatan. Bentuk pengendalian konflik seperti ini dilakukan melalui lembaga-lembaga tertentu yang memungkinkan diskusi dan pengambilan keputusan yang adil di antara pihak-pihak yang bertikai.

3. Jawaban: Bentuk pengendalian yang terjadi pada teks adalah arbitrase. Arbitrase dilakukan apabila kedua belah pihak yang berkonflik sepakat untuk menerima atau terpaksa menerima hadirnya pihak ketiga yang akan memberikan keputusan tertentu untuk menyelesaikan konflik. Contohnya, perkelahian antara dua orang siswa diselesaikan dengan pemberian sanksi dari kepala sekolah.

4. Jawaban: Segi positif suatu konflik adalah sebagai berikut.
a. Konflik dapat memperjelas aspek-aspek kehidupan yang belum jelas atau masih belum tuntas ditelaah.
b. Konflik memungkinkan adanya penyesuaian kembali norma, nilai, serta hubungan sosial dalam kelompok.
c. Konflik meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok (in-group solidarity) yang sedang mengalami konflik dengan kelompok lain.
d. Konflik merupakan jalan untuk mengurangi ketergantungan antarindividu dan kelompok.
e. Konflik dapat membantu menghidupkan kembali norma lama dan menciptakan norma baru.
f. Konflik dapat berfungsi sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan.
g. Konflik memunculkan sebuah kompromi baru.

5. Jawaban: Secara sosiologis, kekerasan umumnya terjadi saat individu atau kelompok yang berinteraksi mengabaikan norma dan nilai-nilai sosial dalam mencapai tujuan masing-masing. Dengan diabaikannya norma dan nilai sosial itu, timbullah tindakan-tindakan irasional yang cenderung merugikan pihak lain, tetapi menguntungkan diri sendiri. Contohnya, seorang debt collector melakukan penagihan disertai tindakan kekerasan dan penggusuran lahan tanpa adanya peringatan dilakukan dengan tindakan pemukulan.

6. Jawaban: Ya, cyberbullying termasuk dalam tindakan kekerasan karena dalam cyberbullying seseorang meluapkan perasaan tidak suka, benci, dan amarahnya untuk menghancurkan lawan atau pihak lain.

7. Jawaban: Candi Borobudur termasuk salah satu contoh proses integrasi, yaitu akulturasi. Akulturasi merupakan proses perubahan yang ditandai dengan terjadinya dua kebudayaan yang berbeda. Sama halnya dengan Candi Borobudur merupakan bentuk akulturasi antara unsur-unsur budaya Hindu-Buddha dengan unsur budaya Indonesia asli.

8. Jawaban: Suatu integrasi sosial dapat berlangsung cepat atau lambat, tergantung pada faktor-faktor, yaitu homogenitas kelompok, besar atau kecilnya kelompok, dan efektivitas komunikasi.

9. Jawaban: Situasi yang terjadi dalam masyarakat ketika terbentuk kohesi sosial, yaitu adanya keeratan hubungan, saling ketergantungan, dan perasaan kelompok di antara masyarakat. Hal tersebut akan menciptakan harmoni sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

10. Jawaban: Dua contoh tindakan untuk membangun harmoni sosial adalah membangun kerja sama antargender, baik di dalam maupun di luar keluarga dan menunjukkan rasa saling menghormati dan toleransi antarsesama.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam  melakukan  tindakan  tersebut  adalah sebagai berikut.
a. Mengembangkan empati.
b. Membangun kelompok persahabatan atau pertemanan.
c. Saling menguatkan.
d. Membentuk persekutuan.
e. Menjembatani kesenjangan atau perbedaan.

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Materi Sosiologi Kelas XI (Fase F) CP 2:

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 3: Konflik Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 4: Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal-soal:

Soal Pilihan Ganda Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3 (Kurikulum Merdeka)

Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3 (Kurikulum Merdeka)

Soal Pilihan Ganda Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4 (Kurikulum Merdeka)

Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4: Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Esai Uji Capaian Pembelajaran 2 Sosiologi SMA Kelas XI (Kurikulum Merdeka)"