Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lewis A. Coser

Lewis Alfred Coser  (biasa di singkat Lewis A. Coser) lahir di Berlin, tahun 1913. Ia menggabungkan karier akademik yang istimewa dengan perhatian kuat atas kebijakan sosial dan politik. Setelah Perang Dunia ke II, ia mengajar di Universitas Chicago dan Universitas Brandeis, namun gelar Ph.D-nya didapat dari Universitas Columbia pada 1968. Gelar guru besar didapat dari universitas Brandeis, kemudian di Universitas ini pula Coser banyak berkiprah di dunia sosiolog.

Karya Coser yang sangat fenomenal dan monumental adalah The Functions of Social Conflict. Dalam buku ini, terdapat 16 proposisi yang dikutip dari Georg Simmel untuk kemudian dikembangkan menjadi penjelasan-penjelasan tentang konflik yang menarik. Dari proposisi-proposisi Simmel, Coser mengkritik dengan cara menghubungkan pada perkembangan fakta atau fenomena yang terjadi jauh ketika Simmel hidup.

Tidak jarang ia mengkritisi pandangan Simmel dengan cara membandingkan dengan gagasan sosiolog-sosiolog klasik. Hal yang menarik dari Coser adalah bahwa ia sangat disiplin dalam satu tema. Ia benar-benar concern pada tema-tema konflik, baik konflik ditingkat eksternal, maupun internal. Ia mampu mengurai konflik dari sisi luar sampai sisi dalam. Jika dihubungkan dengan pendekatan fungsionalisme, tampak ada upaya Lewis Coser untuk mengintegrasikan fungsionalisme dengan konflik. George Ritzer menyatakan bahwa dengan melakukan kombinasi itu, baik teori fungsionalisme maupun teori konflik akan lebih kuat ketimbang berdiri sendiri.

Selain sebagai sosiolog yang mengkritisi tradisi sebelumnya, ia pernah menulis buku sejarah Partai Komunis di Amerika dan ia aktif sebagai kolumnis beberapa jurnal di sana. Tulisan Coser yang terkenal adalah Greedy Institutions (Institusi Tamak), yang dalam buku tersebut Coser menyatakan bahwa karakter kehidupan modern, saat ini sudah bermuka tidak pandang bulu yang terdistribusi, tersegmentasi dan teralienasi. Masyarakat seperti ini membatasi kebebasan manusia. Karena itu, Coser tertarik dengan jaringan konflik atau kesetiaan yang terpotong yang dapat mengikat sebuah masyarakat dan menggerakkan perjuangan dan konfrontasi.

Buku Coser tentang Fungsi Konflik Sosial adalah hasil dari disertasi doktoralnya. Karya-karya lainnya antara lain adalah; Partai Komunis Amerika: A Critical History (1957), Men of Ideas (1965), Continues in the Study of Sosial Conflict (1967), Master of Sosiological Thought (1971) dan beberapa buku lainnya disamping sebagai editor maupun distributor publikasi. Coser meninggal pada tanggal 8 Juli 2003, di Cambridge, Massachusetts dalam usia 89 tahun.


Ket. Klik warna biru untuk link

Download

Dikutip dari:
http://diyaasaviella.blogspot.co.id/2012/02/teori-sosiologi-modern-biografi-luwis.html

Lihat Juga: Biografi Lewis A. Coser (Youtube Link. https://youtu.be/eRGLwpYanjM)

Teori
1. Lewis A. Coser. Mempertahankan Struktur Melalui Konflik
2. Bentuk-Bentuk Konflik Sosial Menurut Para Sosiolog

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Lewis A. Coser"