Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 1. 1 Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.

David Émile Durkheim
Émile Durkheim
Salah seorang tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan ilmu sosiologi adalah Émile Durkheim. David Émile Durkheim lahir pada tanggal 15 April 1858 di Épinal, Prancis. Saat remaja, Durkheim tergolong siswa yang pintar. la menjadi salah satu siswa berprestasi di Lycée Louis le Grand dan kemudian melanjutkan ke École Normale Supérieure (ENS) yang merupakan salah satu sekolah terkenal dan kompetitif di Paris. Di ENS, Durkheim mendalami ilmu filsafat dan sosial, serta banyak terlibat dalam berbagai diskusi dengan siswa-siswa lain. Saat belajar di ENS inilah, Durkheim membaca karya Auguste Comte dan Herbert Spencer dan menjadi tertarik dengan pendekatan ilmiah terhadap masyarakat.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di ENS pada tahun 1882, Durkheim mengajar filsafat di beberapa sekolah menengah di Prancis. Kemudian pada tahun 1897, Durkheim ditunjuk sebagai pengajar di Université de Bordeaux. Pada masa tersebut, Durkheim berhasil menerbitkan sejumlah karya, antara lain De la division du travail social (1893; The Division of Labour in Society), Les Règles de la méthode sociologique (1895; The Rules of Sociological Method), dan Le Suicide (1897; Suicide). Melalui Les Règles de la méthode sociologique (1895; The Rules of Sociological Method), Durkheim mengenalkan metodologi sosiologi.

Durkheim melihat sosiologi sebagai ilmu baru yang dapat menjelaskan pertanyaan-pertanyaan filosofis tradisional dengan cara mengujinya secara empiris. la berpendapat bahwa kehidupan sosial harus dipelajari dengan objektivitas yang sama seperti saintis mempelajari fenomena alam. Menurut Durkheim, fokus kajian utama sosiologi adalah mempelajari fakta sosial. Fakta sosial adalah pola-pola atau sistem yang memengaruhi cara manusia bertindak, berpikir, dan merasa.

Durkheim juga mendirikan departemen sosiologi Eropa pertama di Université de Bordeaux dan menjadi profesor sosiologi Prancis pertama. Karya besar terakhir Durkheim, Les Formes élémentaires de la vie religieuse (1912; The Elementary Forms of Religious Life), diterbitkan pada tahun 1912. Durkheim wafat pada bulan November 1917 di Paris, Prancis.
Diolah dari berbagai sumber.

Soal
1. Berdasarkan teks Emile Durkheim, hal yang memengaruhi ketertarikan Émile Durkheim melakukan pendekatan ilmiah terhadap masyarakat adalah...
A ketika membaca karya August Comte dan Herbert Spencer
B. ketika mengajar ilmu filsafat di sekolah menengah di Prancis
C. setelah menjadi dosen di Université de Bordeaux
D. saat memulai menerbitkan karya-karya ilmiahnya
E. pada saat mengenalkan metodologi sosiologi di Eropa

2. Pilih dan berilah tanda centang (v) pada setiap pernyataan yang informasinya terdapat dalam teks "Emile Durkheim". (Jawaban lebih dari satu).

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X
Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 1. 2 Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 1. 3 Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka) 

Emile Durkheim: Biografi dan Pemikirannya

Auguste Comte: Biografi dan Pemikirannya

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 1: Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 1: Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka)

1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 1. Sosiologi sebagai Ilmu tentang Masyarakat (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 1. Fungsi dan Peran Sosiologi (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1.1 Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1.2 Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Teori dan Pengetahuan Sosiologi    
6. Materi Ringkas Sosiologi dan Gejala Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas X (Fase E) Bab 1. 1 Pengantar Sosiologi (Kurikulum Merdeka)"