Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3 (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3: Konflik Sosial (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai
1. Jawaban: Secara sosiologis, kekerasan umumnya terjadi saat individu atau kelompok yang berinteraksi mengabaikan norma dan nilai-nilai sosial dalam mencapai tujuan masing-masing. Dengan diabaikannya norma dan nilai sosial itu, timbullah tindakan-tindakan irasional yang cenderung merugikan pihak lain, tetapi menguntungkan diri sendiri. Contohnya, seorang debt collector melakukan penagihan disertai tindakan kekerasan dan penggusuran lahan tanpa adanya peringatan dilakukan dengan tindakan pemukulan.

2. Jawaban: Deprivasi relatif adalah kehilangan rasa memiliki. Hal ini dapat terjadi dalam kelompok atau masyarakat yang mengalami perubahan sosial yang terjadi terlalu cepat sehingga mereka tidak mampu menanggapinya secara seimbang dengan nilai-nilai yang dimilikinya. Contohnya, ketika sebuah pemukiman ingin dipindahkan ke daerah lain oleh penguasa dengan alasan terkena imbas proyek jalan bebas hambatan, beberapa warga masyarakat marah karena merasa uang ganti rugi yang diterima tidak sepadan dengan tuntutannya. Warga yang marah akhirnya menghancurkan sarana dan prasarana di lahan tersebut.

3. Jawaban: Pada umumnya, masyarakat memiliki sarana atau mekanisme untuk mengendalikan konflik di dalam tubuhnya. Beberapa sosiolog menyebutnya sebagai katup penyelamat (safety valve), yaitu suatu mekanisme khusus yang dipakai untuk mempertahankan kelompok dari kemungkinan konflik. Katup penyelamat ini sebagai jalan keluar yang dapat meredakan permusuhan antara dua pihak yang berlawanan. Katup penyelamat ini menyediakan objek-objek tertentu yang dapat mengalihkan perhatian pihak-pihak yang bertikai agar tersalur ke arah lain.

4. Jawaban: Tiga macam bentuk penyelesaian konflik adalah sebagai berikut.
a. Konsiliasi, yaitu bentuk penyelesaian konflik melalui lembaga-lembaga tertentu bersifat demokratis dan pengambilan keputusan harus bersifat adil terhadap pihak-pihak yang bertikai dan kelompok yang bertikai merasa terikat kepada lembaga tersebut.
b. Mediasi, yaitu pengendalian atau penyelesaian konflik dengan cara di mana kedua belah pihak setuju menunjuk pihak ketiga sebagai mediator.
c. Arbitrase, yaitu penyelesaian konflik umumnya dilakukan apabila kedua pihak yang berkonflik sepakat untuk menerima atau terpaksa menerima hadirnya pihak ketiga yang akan memberikan keputusan tertentu dalam penyelesaian konflik.

5. Jawaban: Observasi partisipasi, yakni peneliti ikut terlibat dalam kegiatan yang sedang diamatinya sehingga memperoleh data yang sebenarnya. Contohnya, untuk meneliti pola hidup suku Baduy, seorang peneliti hidup dan berbaur dengan masyarakat suku Baduy sehingga memperoleh data yang akurat dan valid.

6. Jawaban: Memilih topik yang menarik minat peneliti dapat menumbuhkan semangat tersendiri saat melakukan penelitian. Masalah yang menarik, namun tidak sesuai dengan minat peneliti akan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Selain itu, alasan lainnya karena peneliti memiliki kemampuan yang lebih untuk meneliti masalah yang sesuai dengan topik yang dibuat.

7. Jawaban: Konflik adalah suatu proses antara dua orang atau lebih yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan dan membuatnya tidak berdaya. Faktor-faktor penyebab konflik antara lain sebagai berikut.
a. Perbedaan  antarindividu  di mana manusia memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda.
b. Perbedaan kebudayaan. Individu atau kelompok memiliki kepribadian yang berbeda yang dibentuk dari pola-pola kebudayaan masing-masing.
c. Perbedaan kepentingan antarindividu maupun antarkelompok merupakan penyebab konflik seperti kepentingan politik, kepentingan ekonomi, dan lainnya.

8. Jawaban: Lima bentuk konflik menurut Soerjono Soekanto adalah sebagai berikut.
a. Konflik pribadi
Contohnya  konflik  yang  terjadi  antara  dua  individu  atau  lebih karena perbedaan pandangan dan sebagainya.
b. Konflik rasial
Contohnya konflik antara orang kulit hitam dan kulit putih di Afrika Selatan.
c. Konflik antar kelas-kelas sosial
Contohnya konflik antara kelompok buruh dan pengusaha dalam memperjuangkan upah
d. Konflik politik
Contohnya konflik antara pendukung partai politik dalam pemilihan anggota DPR
e. Konflik internasional
Contohnya konflik antarnegara terkait perbatasan wilayah atau perang antara dua negara dalam memerebutkan suatu hal.

9. Jawaban: Kekerasan adalah perbuatan seseorang atau kelompok yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain, serta menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain. Beberapa contoh kekerasan di antaranya membunuh, mengintimidasi, merampok, dan meneror.

10. Jawaban: Beberapa pendekatan dalam pengendalian konflik adalah sebagai berikut.
a. Kompromi   merupakan   bentuk   akomodasi   ketika   pihak   yang   terlibat   konflik mengurangi tuntutannya agar tercapai suatu penyelesaian
b. Konsiliasi, yaitu bentuk penyelesaian konflik melalui lembaga-lembaga tertentu bersifat demokratis dan pengambilan keputusan harus bersifat adil terhadap pihak-pihak yang bertikai dan kelompok yang bertikai merasa terikat kepada lembaga tersebut.
c. Mediasi, yaitu pengendalian atau penyelesaian konflik dengan cara di mana kedua belah pihak setuju menunjuk pihak ketiga sebagai mediator.
d. Arbitrase, yaitu penyelesaian konflik umumnya dilakukan apabila kedua pihak yang berkonflik sepakat untuk menerima atau terpaksa menerima hadirnya pihak ketiga yang akan memberikan keputusan tertentu dalam penyelesaian konflik.

11. Jawaban: Sebagai warga lingkungan masyarakat yang baik maka selayaknya harus dapat menciptakan kedamaian dalam lingkungannya dengan cara meningkatkan tali silaturahim dengan ikut berkontribusi dalam berbagai kegiatan masyarakat sehingga tercipta sikap saling menghargai, saling menghormati, tidak membedakan suku, ras, agama, saling toleransi, menyelesaikan masalah dengan dialog.
 
12. Jawaban: Primordialisme merupakan konsekuensi dari adanya diferensiasi. Faktor lain pun turut mempengaruhi primordialisme itu dapat terjadi. Seperti adanya sesuatu yang dianggap istimewa dalam kelompok, adanya sikap mempertahankan keutuhan suatu kelompok, adanya nilai-nilai yang berkaitan dengan sistem keyakinan seperti nilai agama dan pandangan hidup.

13. Jawaban: Segi positif dari etnosentrisme adalah dapat menjaga keutuhan dan kestabilan budaya, dapat mempertinggi semangat patriotisme dan kesetiaan kepada bangsa, dan juga dapat memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan atau bangsa

14. Jawaban: Dampak positif dari konflik
a. Dapat memperjelas aspek kehidupan yang belum jelas atau masih belum tuntas ditelaah
b. Konflik memungkinkan adanya penyesuaian kembali norma-norma, nilai serta hubungan sosial dalam kelompok bersangkutan
c. Meningkatkan solidaritas
d. Menghidupkan kembali norma lama dan menciptakan norma baru

15. Jawaban: Mediasi merupakan pengendalian konflik yang dilakukan apabila antara kedua pihak yang berkonflik sepakat untuk menunjuk pihak ketiga sebagai mediator. Pihak ini akan memberikan saran dan masukan yang dapat diambil oleh pihak yang berkonflik. Contoh: konflik antara siswa dan guru dapat dimediatori oleh guru BK.
Adapun arbitrase umumnya dilakukan apabila kedua belah pihak yang berkonflik sepakat untuk menerima atau terpaksa menerima hadirnya pihak ketiga yang akan memberikan keputusan untuk menyelesaikan konflik. Contoh: Konflik antara kakak dan adik, akan dilerai oleh kedua orang tuanya.

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 3: Konflik Sosial (Kurikulum Merdeka)

Program Tahunan (Prota) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka)

Program Semester (Prosem) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka) 

Capaian Pembelajaran Sosiologi Fase F 

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka)

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase F - Bab 3 Konflik Sosial (Kurikulum Merdeka) 

PPT Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 3 Konflik Sosial (Kurikulum Merdeka)

Video Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 3 Konflik Sosial (Kurikulum Merdeka)

PPT Penerbit: PPT Media Pembelajaran Sosiologi XI KM - Bab 3

Baca Juga:

Materi P5 : Bullying (Perundungan): Pengertian, Kategori, Karakteristik, Faktor Penyebab, Jenis, Teori, dan Peran Orang Tua

Video Materi P5 tentang Perundungan (Bullying)

PPT Materi P5 tentang Perundungan (Bullying) untuk Kurikulum Merdeka
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3 (Kurikulum Merdeka)"