Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1 (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1: Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai

1. Jawaban: Ciri-ciri kelompok sosial adalah sebagai berikut.
a. Kelompok sosial adalah satu kesatuan yang nyata, dapat dikenal, dan dapat dibedakan kelompok sosialnya.
b. Tiap anggota kelompok sosial merasa memiliki kepentingan yang sama dan mempertahankan nilai-nilai hidup yang sama.
c. Tiap kelompok sosial memiliki struktur sosial karena terdiri dari individu yang saling terkait satu sama lain berdasar status dan perannya.
d. Tiap anggota kelompok sosial memiliki peran-peran yang berbeda.
e. Tiap kelompok sosial memiliki norma-norma kelakuan yang mengatur peran anggota.

2. Jawaban: Kelompok dengan jumlah anggota sedikit memiliki hubungan yang lebih intens dan akrab karena interaksi yang terjalin lebih terfokus. Misalnya, pada kelompok dyad, interaksi hanya terfokus pada kedua anggota. Makin besar jumlah anggota suatu kelompok, keeratan atau keintiman antaranggota makin berkurang.

3. Jawaban: Jawaban: Robert K. Merton membagi kelompok menjadi membership group dan reference group. Membership group adalah kelompok di mana setiap orang secara fisik menjadi anggota dari kelompok tersebut. Reference group adalah kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang secara psikologis sehingga dapat membentuk pribadi dan perilakunya.

4. Jawaban: Kerumunan merupakan sejumlah orang yang berada di satu tempat karena sesuatu yang menarik perhatian bersama. Contohnya, antrean pembeli tiket di bioskop dan warga yang menyaksikan parade. Publik merupakan kumpulan manusia yang memiliki perhatian pada hal yang sama, tetapi tidak selalu berkumpul pada satu tempat. Interaksi pada publik dapat terjadi melalui saluran komunikasi. Contohnya, seluruh pemirsa televisi yang menyaksikan kampanye presiden melalui televisi dan pendengar acara berita di radio.

5. Jawaban: aktivitas dalam sebuah organisasi sehingga pada akhirnya dapat mencapai tujuan dan sasaran dari organisasi yang dipimpinnya. Seorang pemimpin yang efektif harus dapat menyusun strategi dengan baik dalam rangka mencapai visi dan misi organisasinya.

6. Jawaban: Berikut adalah beberapa fungsi jejaring sosial.
a. Berguna bagi individu maupun kelompok yang menginginkan suatu kemajuan.
b. Mengembangkan efektivitas dalam gagasan baru.
c. Membentuk jalinan kerja sama antarindividu maupun kelompok.

7. Jawaban: Menurut Soerjono Soekanto, himpunan manusia baru dapat dikatakan sebagai kelompok sosial apabila memiliki beberapa persyaratan berikut.
(1) Adanya kesadaran sebagai bagian dari kelompok yang bersangkutan.
(2) Ada  hubungan  timbal  balik  antara  anggota  yang  satu  dengan  yang  lain  dalam kelompok itu.
(3) Ada suatu faktor pengikat yang dimiliki bersama oleh anggota-anggota kelompok sehingga hubungan di antara mereka bertambah erat. Faktor tadi dapat berupa kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama, dan lain-lain.
(4) Memiliki struktur, kaidah, dan pola perilaku yang sama.
(5) Memiliki sistem dan proses.

8. Jawaban: Gemeinschaft atau paguyuban merupakan bentuk kehidupan bersama di mana anggotanya memiliki hubungan batin yang kuat, bersifat alamiah dan kekal. Contohnya, hubungan yang terdapat dalam keluarga. Gesellschaft atau patembayan merupakan kehidupan publik sebagai sekumpulan orang yang secara kebetulan hadir bersama, tetapi setiap orang tetap mandiri. Contohnya, hubungan dalam dunia industri atau organisasi politik.

9. Jawaban: Perkumpulan warga Desa A pada ilustrasi termasuk ragam kelompok membership group. Pada perkumpulan tersebut, warga secara fisik menjadi anggota dari perkumpulan yang dibentuk untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan yang akan dilakukan.

10. Jawaban: Tujuan dari terbentuknya organisasi sosial adalah diharapkan dapat melayani serta memenuhi berbagai kebutuhan suatu masyarakat maupun warganya secara lebih efesien, dibandingkan dengan pengelompokan manusia yang lebih kecil dan lebih alamiah seperti keluarga, kelompok persahabatan, lingkungan masyarakat.

11. Jawaban: Organisasi sosial terbentuk karena adanya faktor kepentingan yang sama, ideologi yang sama, dan politik yang sama. Contoh organisasi sosial adalah lembaga keagamaan, lembaga swadaya masyarakat, koperasi, dan karang taruna.

12. Jawaban: Ciri paguyuban menurut Tonnies
a. Intim
b. Privat
c. Ekslusif

13. Jawaban: Jenis dari kelompok sosial tidak teratur yang ada di masyarakat dan contohnya
a. Publik, merupakan kumpulan manusia yang memiliki perhatian pada hal yang sama, dan berinteraksi tidak langsung. Contoh: pemirsa televisi yang menyaksikan kampanye
b. Massa, merupakan kumpulan yang memiliki perhatian pada hal yang sama, adanya tujuan tertentu dan dipandu oleh satu pemimpin. Contoh: massa aksi pada hari buruh nasional
c. Kerumunan, kumpulan manusia yang memiliki perhatian pada hal yang sama, dengan ukuran yang lebih kecil dari massa dan terjadi secara spontanitas tanpa sengaja. Contoh: sekerumun orang sedang menolong korban kecelakaan

14. Jawaban: Dua klasifikasi pola hubungan antarkelompok dan contohnya
a. Pola dominasi kelompok pendatang atas pribumi. Contohnya; datangnya bangsa Eropa ke Asia untuk mengekploitasi sumber daya.
b. Pola dominasi kelompok pribumi atas kelompok pendatang. Contohnya; dominasi kulit putih Prancis atas kelompok pendatang dari Timur Tengah.

15. Jawaban: Faktor apa saja yang menyebabkan adanya konflik antar kelompok sosial di masyarakat adalah adanya perbedaan antar kelompok sosial baik secara fisik maupun mental, perbedaan pola kebudayaan, perbedaan mayoritas dan minoritas, perbedaan kepentingan.

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 1: Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)

Program Tahunan (Prota) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka)

Program Semester (Prosem) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka)

Capaian Pembelajaran Sosiologi Fase F 

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka)

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase F - BAB 1 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka) 

PPT Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 1 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)

Video Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 1 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)

PPT Penerbit: PPT Media Pembelajaran Sosiologi XI KM - Bab 1

Baca Juga:

Materi P5 : Bullying (Perundungan): Pengertian, Kategori, Karakteristik, Faktor Penyebab, Jenis, Teori, dan Peran Orang Tua

Video Materi P5 tentang Perundungan (Bullying)

PPT Materi P5 tentang Perundungan (Bullying) untuk Kurikulum Merdeka
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1 (Kurikulum Merdeka)"