Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Pilihan Ganda Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 3 (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Pilihan Ganda Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)
A. Pilihan Ganda
1. Jawaban: E
Pembahasan:
Identitas atau status yang dimiliki seseorang memberi konsekuensi pada orang yang memilikinya untuk melakukan peran yang disandangnya.

2. Jawaban: A
Pembahasan:
Toleransi adalah saling menghargai, saling menghormati perbedaan, dan keberagaman yang terdapat di masyarakat.

3. Jawaban: B
Pembahasan:
Menurut Anthony Giddens, pengelompokkan identitas dibedakan menjadi dua yaitu identitas primer dan identitas sekunder. Identitas primer adalah identitas yang terbentuk pada awal kehidupan, termasuk gender, ras, dan etnis. Sedangkan, identitas sekunder adalah identitas yang dibentuk dari identitas primer dan mencakup juga identitas yang terkait peran dan status sosial.

4. Jawaban: B
Pembahasan:
Tindakan sosial tradisional adalah tindakan yang kadang kala dilakukan tanpa disadari alasannya karena sudah dianggap sebagai suatu kebiasaan. Tindakan ini dapat juga dikatakan sebagai aplikasi dari suatu tradisi atau kebiasaan suatu masyarakat tradisional sebagai cerminan identitas masyarakat tersebut. Tindakan yang dilakukan Dian termasuk tindakan sosial tradisional karena ia sudah terbiasa berpamitan dan mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat ke sekolah.

5. Jawaban: B
Pembahasan:
Istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi setelah seharian bekerja sangat diperlukan jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan.

6. Jawaban: E
Pembahasan:
Tindakan afektif adalah tindakan yang sebagian besar dikuasai oleh perasaan atau emosi yang berlebihan tanpa pertimbangan akal budi.

7. Jawaban: D
Pembahasan:
Sebagai anggota masyarakat, tindakan manusia dapat memengaruhi atau dipengaruhi oleh kondisi masyarakat setempat. Tindakan yang memengaruhi atau dipengaruhi oleh orang lain disebut tindakan sosial

8. Jawaban: A
Pembahasan:
Tindakan melakukan ziarah ke makam orang tua atau makam keluarga merupakan tindakan rasional berorientasi nilai karena sebagian besar masyarakat menganggap bahwa tindakan tersebut adalah baik karena bertujuan mengingat dan mendoakan keluarganya yang sudah meninggal.

9. Jawaban: E
Pembahasan:
Manusia tidak bisa bertindak sesuka hatinya, tetapi harus mempertimbangkan keberadaan orang lain di sekitarnya. Kebutuhan ini disebut sebagai kebutuhan integratif yang muncul karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk berpikir dan bermoral.

10. Jawaban: B
Pembahasan:
Pernyataan yang menunjukkan adanya hubungan sosial ditunjukkan pada pernyataan opsi A, yaitu kerja sama yang dilakukan oleh tim bulu tangkis putra dalam ajang kompetisi.

11. Jawaban: D
Pembahasan:
Hubungan timbal balik antara ibu sebagai pembeli dengan penjual dalam proses tawar menawar menunjukkan adanya interaksi sosial.

12. Jawaban: B
Pembahasan:
Unsur utama yang mendasari hubungan sosial adalah interaksi sosial. Sebuah hubungan dapat disebut interaksi sosial jika memiliki ciri-ciri berikut:
a. Jumlah pelaku dua orang atau lebih.
b. Komunikasi antarpelaku menggunakan simbol atau lambang.
c. Dimensi waktu meliputi masa lalu, masa kini, dan masa sekarang.
d. Memiliki tujuan yang hendak dicapai.

13. Jawaban: D
Pembahasan:
Konflik peran terjadi apabila seorang harus memiliki dua peran atau lebih dari identitas yang dimilikinya. Apabila ia harus menjalankan beberapa peran sekaligus, kemungkinan akan menimbulkan benturan kepentingan dan mengakibatkan terjadinya konflik peran. Contohnya seperti seorang ibu guru yang harus berperan sebagai guru sekaligus sebagai orang tua dari anak-anaknya.

14. Jawaban: C
Pembahasan:
Manusia sebagai makhluk berbudaya menggunakan akal dan budinya untuk dapat hidup lebih baik, seperti mengelola lingkungannya sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

15. Jawaban: A
Pembahasan:
Dalam interaksi antarindividu maupun antarkelompok, pasti akan terjadi saling memengaruhi. Oleh karena itu, watak seseorang dapat dipengaruhi dan memengaruhi perilaku individu atau kelompok lain di kehidupan bermasyarakat.

16. Jawaban: D
Pembahasan:
Adanya kesadaran bahwa individu lemah mendorong manusia untuk cenderung berkelompok dengan tujuan agar kekuatan setiap individu dapat tergabung sehingga mampu bertahan dalam menghadapi tantangan dari luar.

17. Jawaban: D
Pembahasan:
Tindakan sosial adalah suatu tindakan individu yang diarahkan kepada orang lain dan saling memengaruhi.

18. Jawaban: A
Pembahasan:
Kontak sosial juga dapat terjadi meskipun orang-orang tidak bertatap muka secara langsung, melainkan melalui media sosial. Kontak sosial tersebut merupakan bentuk kontak sosial tidak langsung.

19. Jawaban: D
Pembahasan:
Identitas sosial merupakan atribut yang dimiliki oleh seorang individu di mana individu tersebut merupakan bagian dari suatu kelompok sosial. Atribut tersebut kemudian digunakan untuk memperkenalkan eksistensi kelompok sosialnya dan membedakan kelompok sosial tersebut dengan kelompok sosial lain.

20. Jawaban: D
Pembahasan:
Tindakan afektif adalah tindakan yang sebagian besar dikuasai perasaan atau emosi yang berlebihan tanpa pertimbangan akal budi.

21. Jawaban: E
Pembahasan:
Membakar dan melemparkan petasan merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab dan tidak rasional. Hal tersebut karena tindakan tersebut dilakukan hanya berdasarkan emosi semata, tanpa mempertimbangkan akal budi.

22. Jawaban: A
Pembahasan:
Kontravensi adalah persaingan yang dilakukan tidak terang terangan atau bersifat agak tertutup dan bersifat rahasia. Contoh: aksi teror.
Konflik atau pertentangan adalah perjuangan individua tau kelompok sosial untuk memenuhi tujuan dengan cara menantang pihak lawan. Contoh: peperangan atau pertentangan internasional.

23. Jawaban: C
Pembahasan:
Identifikasi merupakan kecenderungan atau keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain. Identifikasi memiliki pengertian lebih dalam dari imitasi.

24. Jawaban: B
Pembahasan:
Kontak sosial sekunder langsung adalah kontak yang terjadi melalui perantara, namun pesan yang disampaikan melalui alat seperti telepon dan pihak yang berkomunikasi tetap bisa berhubungan secara visual lewat kamera atau suara.

25. Jawaban: A
Pembahasan:
Kontak primer langsung adalah terjadi ketika para pelaku interaksi bertatap muka langsung

26. Jawaban: E
Pembahasan:
Kontak tanpa ada komunikasi dua arah tidak menghasilkan interaksi sosial. Opsi E tidak menyebutkan adanya komunikasi antara Pak Badu dengan penumpang lainnya.

27. Jawaban: C
Pembahasan:
Komunikasi dianggap berhasil apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan atau si penerima pesan melalui berbagai media menimbulkan efek berupa perubahan perilaku.

28. Jawaban: C
Pembahasan:
Kooptasi adalah proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan dan pelaksanaan politik organisasi sebagai satu-satunya cara menghindari konflik yang dapat mengguncang organisasi.

29. Jawaban: C
Pembahasan:
Eliminasi adalah pengunduran diri salah satu pihak yang terlibat dalam konflik karena mengalah

30. Jawaban: C
Pembahasan:
Akulturasi adalah berpadunya dua unsur kebudayaan yang berbeda dan membentuk suatu kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan ciri kepribadian masing-masing (kebudayaan aslinya).

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga

Soal Esainya Klik di SINI

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3: Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Program Tahunan (Prota) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka) 

Program Semester (Prosem) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka)

Capaian Pembelajaran Sosiologi (Fase E)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Sosiologi SMA Fase E

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka)

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E - Bab 3 

PPT Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Video Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3 Identitas Diri, Tindakan Sosial, dan Hubungan Sosial

Materi Alternatif: Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

PPT Alternatif: PPT Sosiologi Kelas X Bab 3. Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

Video Alternatif: Video Materi Sosiologi Kelas X Bab 3: Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas (Kurikulum Merdeka)

PPT Penerbit: PPT SMA SOSIOLOGI KELAS 10 KM - BAB 3 

Baca Juga:

Materi P5 : Bullying (Perundungan): Pengertian, Kategori, Karakteristik, Faktor Penyebab, Jenis, Teori, dan Peran Orang Tua

Video Materi P5 tentang Perundungan (Bullying)

PPT Materi P5 tentang Perundungan (Bullying) untuk Kurikulum Merdeka
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Pilihan Ganda Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 3 (Kurikulum Merdeka)"