Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anthony Giddens

Biografi Anthony Giddens
Anthony Giddens

Sketsa Biografis
Anthony Giddens adalah teoritisi sosial Inggris paling penting sekarang ini dan salah satu dari sedikit teoritisi dunia yang paling berpengaruh (Stones, 2005a). Giddens lahir pada 18 Januari 1938 (Clark, Modgil, dan Modgil, 1990). Dia belajar di Universitas Hull, London School of Economics, dan Universitas London. Giddens diangkat sebagai dosen di Universitas Leichester pada 1961. Karya awalnya bersifat empiris dan berfokus pada isu bunuh diri. Pada 1969 dia pindah ke posisi dosen di jurusan sosiologi di Universitas Cambridge yang bergengsi dan juga sebagai fellow di King’s College. Dia ikut dalam pekerjaan lintas budaya yang mendorong buku pertamanya mendapat ketenaran internasional, The Class Structure of Advanced Societies (1975). Selama dasawarsa selanjutnya atau lebih, Giddens menerbitkan sejumlah karya teoritis yang penting. Di dalam karya-karya itu dia memulai setahap demi setahap pembangunan perspektif teoritisnya sendiri, yang kemudian dikenal sebagai teori strukturasi. Kerja selama bertahun-tahun itu berpuncak pada 1984 dengan munculnya sebuah buku, The Constitution of Society: Outline of the Theory of Structuration, yang merupakan pernyataan tunggal yang paling penting perspektif teoritis Gidden. Pada 1985 Gidden diangkat sebagai profesor sosiologi di Universitas Cambridge.

Giddens adalah sebuah kekuatan di dalam teori sosiologi selama tiga dasawarsa. Selain itu, dia memainkan peran yang mendalam untuk membentuk sosiologi Inggris kontemporer. Karena satu hal, dia bertugas sebagai konsultan editor untuk dua perusahaan penerbitan—Macmillan dan Hutchinson. Sejumlah besar buku telah dihasilkan di bawah asuhan editorialnya. Lebih penting lagi, dia adalah mitra pendiri Polity Press, sebuah penerbitan yang sangat aktif dan berpengaruh, khususnya di bidang teori sosiologis. Giddens juga menerbitkan buku pelajaran bergaya Amerika, Sociology, yang mendapat sukses di seluruh dunia.

Sebagai seorang teoritisi, Giddens sangat berpengaruh di Amerika Serikat, dan juga di bagian-bagian dunia lainnya. menariknya, karyanya kurang disambut baik di negerinya sendiri di Inggris Raya dibanding di tempat lain. Sambutan kurang di negerinya mungkin berkaitan sebagain dengan fakta bahwa Giddens telah berhasil memenangkan pengikut teoritis di seluruh dunia yang berusaha dicapai oleh banyak teoritisi sosiologis Inggris namun mereka gagal. Seperti dikatakan Craib, Giddens mungkin menyadari fantasi-fantasi banyak orang dari kita yang menggeluti sosiologi selama periode perdebatan sengit dan menggairahkan yang memunculkan teori strukturasi (1992:12).

Karier Gidddens mengalami serangkaian pembalikan yang menarik pada 1990-an (Bryant dan Jay, 2000). Beberapa tahun menjalani terapi mendorong minat Giddens lebih ebsar kepada kehidupan pribadi dan buku-buku seperti Modrnity and Self-Identity (1991) dan Transformation Intimacy (1992). Terapi itu juga memberinya kepercayaan diri untuk mengambil peran yang lebih publik dan menjadi penasihat bagi Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Pada 1997 dia menjadi direktur London School Economics (LSE) yang sangat bergengsi. Dia memperkuat reputasi kesarjanaan LSE dan juga meningkatkan suaranya di dalam wacana publik di Inggris Raya dan di seluruh dunia. Ada yang merasakan bahwa semua itu mempunyai efek yang sebaliknya kepada karya ilmiah Giddens (buku-bukunya yang paling mutakhir kekurangan kedalaman dan kecanggihan yang dimiliki karya-karyanya yang terdahulu), tetapi dia jelas berfokus untuk menjadi sebuah kekuatan di dalam kehidupan publik.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini 

Anthony Giddens. Biografi (Youtube Link. https://youtu.be/k6dHpdkd6ro ) 

Teori
1. Anthony Giddens. Teori Strukturasi
2. Anthony Giddens. Unsur-Unsur Teori Strukturasi
3. Anthony Giddens. Modernitas dan Identitas
4. Anthony Giddens. Juggernaut Modernitas
5. Anthony Giddens. Globalisasi sebagai Dunia Tidak Terkendali
6. Teori-Teori Modernitas dan Postmodernitas
7. Teori-Teori Globalisasi

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Anthony Giddens"