Lembar Kerja 4. 4 Materi Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Praproyek
Judul                : Peran Lembaga Sekolah dalam Pengendalian Sosial
Tujuan              : Mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial yang terjadi di lingkungan sekolah dan menganalisis cara-cara pengendaliannya.
Deskripsi Tugas : Menyusun laporan singkat mengenai peran lembaga sekolah dalam proses pengendalian sosial.

Langkah Kerja   :
A. Merumuskan Masalah
1. Sebelumnya kita telah belajar tentang nilai, norma, lembaga sosial, penyimpangan sosial, dan pengendalian sosial. Untuk menguji pemahaman Anda, cobalah lakukan suatu penelitian sederhana tentang pengendalian sosial yang terjadi di lingkungan sekolah.
2. Anda dapat melakukan kegiatan ini secara berkelompok.

B. Mencari Informasi dan Membuat Rencana Kegiatan
1. Bacalah kembali penjelasan mengenai nilai, norma, lembaga sosial, penyimpangan sosial, dan pengendalian sosial pada materi sebelumnya.
2. Secara mandiri, susunlah langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan serta menentukan alat, bahan, metode, dan format laporan yang akan digunakan. Susun juga jadwal pelaksanaan kegiatan. Hendaknya Anda juga meminta bimbingan kepada guru.

C. Melaksanakan Kegiatan Penelitian
1. Melakukan pengumpulan informasi menggunakan metode yang telah dipilih sebelumnya.
2. Diskusikan dan analisislah informasi-informasi yang telah didapatkan dalam kelompok. Dalam proses ini, setiap anggota kelompok diharapkan menerapkan sikap beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Salah satu caranya dengan mendengarkan dan menghargai pendapat yang berbeda dengan pendapatnya dan menganalisisnya secara kritis, tanpa memaksakan pendapatnya sendiri.
3. Dokumentasi dan catat seluruh proses kegiatan yang dilakukan pada setiap tahapnya.
4. Saat pelaksanaan kegiatan, sikap bergotong royong harus dijunjung tinggi dengan menyelaraskan tindakan anggota kelompok sehingga tujuan kegiatan dapat tercapai.
5. Perhatikan ketepatan pelaksanaan pengamatan sesuai jadwal yang telah disusun.

D. Menyajikan Hasil Kegiatan
1. Susunlah seluruh informasi, hasil analisis, dan kesimpulan kelompok dalam bentuk laporan yang telah ditentukan sebelumnya. Lampirkan juga dokumentasi yang telah dibuat selama proses kegiatan.
2. Gunakan kata atau kalimat yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Konsultasikan juga dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia atau guru informatika.
3. Presentasikan laporan tersebut dalam diskusi kelas.
4. Perbaiki laporan kelompok kalian berdasarkan masukan-masukan yang diterima pada 5 saat presentasi dan kemudian dikumpulkan kepada guru untuk dinilai.
5. Pada tahap ini, refleksikan pengalaman yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan.

Download

Lihat Juga: 

Lembar Kerja 4. 1 Materi Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Lembar Kerja 4. 2 Materi Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Lembar Kerja 4. 3 Materi Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas X Bab 4: Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Lembar Kerja 4. 4 Materi Lembaga Sosial (Kurikulum Merdeka)"