Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4 (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4: Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai
1. Jawaban: Suatu integrasi sosial dapat berlangsung cepat atau lambat, tergantung pada faktor-faktor berikut.
a. Homogenitas kelompok. Makin homogen suatu kelompok atau masyarakat, makin mudah pula proses integrasi antaranggota di dalam kelompok atau masyarakat tersebut.
b. Besar kecilnya  kelompok.  Umumnya, dalam  kelompok  yang kecil, tingkat kemajemukan anggotanya relatif rendah sehingga integrasi sosialnya lebih mudah tercapai.
c. Mobilitas geografis. Makin sering anggota masyarakat datang dan pergi, makin sulit pula terjadi proses integrasi sosial.

2. Jawaban: Solidaritas mekanik muncul ketika individu memainkan peran yang sama dalam masyarakat. Solidaritas mekanik mengacu pada jenis solidaritas sosial masyarakat praindustri di mana ada pembagian kerja minimal.

3. Jawaban:
Contoh tindakan di tingkat keluarga antara lain.
a) Meningkatkan kerja sama dalam keluarga.
b) Membangun kerja sama antargender, baik di dalam maupun di luar keluarga.
c) Merawat anggota keluarga yang sudah lanjut usia.

4. Jawaban: Salah satu cara yang dapat dipilih untuk menyebarkan informasi tentang harmoni sosial adalah melalui kampanye. Melalui kampanye, suatu gagasan, ide, dan inovasi dapat disampaikan kepada publik sehingga publik menjadi tertarik, bersimpati, dan peduli serta mau menerima gagasan, ide, dan inovasi tersebut. Contoh kampanye pengelolaan sampah dan kampanye gerakan literasi.

5. Jawaban: Penyebaran informasi melalui internet, khususnya media sosial, dapat dilakukan oleh siapa pun dengan mudah dan cepat, terutama oleh agen perubahan (agent of change), serta memiliki jangkauan yang luas.

6. Jawaban: Dua  hal  yang  merupakan  landasan  untuk  membentuk  dan  mendorong  berdirinya filantropi sosial di masyarakat antara lain:
a. Menghargai, mencintai, menolong sesama manusia telah menjadi naluri dasar setiap individu sebagai makhluk sosial, kedermawanan menjadi unsur perekat yang menjaga keutuhan dan keharmonisan suatu komunitas.
b. Adanya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat.

7. Jawaban: Kegiatan di masyarakat untuk membangun solidaritas sehingga tercipta kebersamaan, antara lain sebagai berikut.
a. Pelaksanaan kerja bakti membersihkan lingkungan yang dilakukan secara serentak dan bersama-sama menunjukan bahwa warga memiliki sikap solidaritas dan toleransi. Kondisi itu terbukti karena warga melakukan kerja bakti atau gotong royong dengan sukarela.
b. Memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Penyelenggarakan kegiatan  yang diisi dengan berbagai macam lomba adalah perwujudan sikap solidaritas terhadap sesama warga masyarakat mulai dari tingkat anak-anak sampai lansia.

8. Jawaban: Sebagai warga masyarakat yang baik yang harus kita sikapi atau lakukan adalah memahami dan mempelajari perbedaan karakter tersebut, baik secara individu maupun kelompok. Untuk menjaga keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat dapat kita lakukan dengan berbagai cara, seperti:
a. menyikapi perbedaan secara positif;
b. memiliki sikap akomodatif;
c. menghargai hak asasi manusia; dan
d. berempati pada penderitaan orang lain.

9. Jawaban: Efektivitas komunikasi yang baik dalam masyarakat akan mempercepat integrasi sosial. Makin efektif komunikasi berlangsung, makin cepat pula integrasi anggota-anggota masyarakat tercapai. Sebaliknya, makin tidak efektif komunikasi yang berlangsung antaranggota masyarakat, makin lambat dan sulit pula integritas sosialnya terwujud.

10. Jawaban: Persyaratan terwujudnya integrasi menurut William F Ogburn dan Meyer Francis Nimkoff, antara lain sebagai berikut.
a. Anggota-anggota masyarakat merasa berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan di antara mereka.
b. Masyarakat   berhasil  menciptakan  kesepakatan  (konsensus)  bersama  mengenai norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman.
c. Norma-norma dan nilai sosial itu berlaku cukup lama, tidak mudah berubah, dan dijalankan secara konsisten oleh seluruh anggota masyarakat.

11. Jawaban: Asimilasi budaya merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan yang ada di antara individu atau kelompok dalam masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Asimilasi ditandai pengembangan sikap-sikap yang sama dengan tujuan mencapai kesatuan (integrasi).

12. Jawaban: Harmoni sosial penting untuk diciptakan dalam kehidupan di masyarakat karena dengan adanya kondisi tersebut konflik-konflik akan lebih mudah untuk diminimalisir, dalam konteks kehidupan masyarakat yang majemuk dengan latar belakang agama dan budaya yang berbeda.

13. Jawaban: Lima kategori dalam kesetaraan adalah sebagai berikut.
a. Kesetaraan hukum
b. Kesetaraan politik
c. Kesetaraan sosial
d. Kesetaraan ekonomi
e. Kesetaraan moral

14. Jawaban: Kesetaraan berarti kebebasan dari prasangka dan diskriminasi. Kesetaraan menjadi akhir dari eksploitasi sesama manusia. Selain hak yang sama, seseorang juga memiliki kesempatan hidup yang secara umum sama. Perwujudan kesetaraan merupakan penghargaan atas martabat individu.

15. Jawaban: Adanya toleransi dan sikap saling menghargai sesama masyarakat, pendidikan multikulturalisme diberikan pada anak-anak sejak dini guna menyadari adanya keragaman dalam masyarakat.

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 4: Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)

Program Tahunan (Prota) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka)

Program Semester (Prosem) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka) 

Capaian Pembelajaran Sosiologi Fase F

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka)

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase F - Bab 4 Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka) 

PPT Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 4 Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)

Video Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 4 Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka) 

PPT Penerbit: PPT Media Pembelajaran Sosiologi XI KM - Bab 4

Baca Juga:

Materi P5 : Bullying (Perundungan): Pengertian, Kategori, Karakteristik, Faktor Penyebab, Jenis, Teori, dan Peran Orang Tua

Video Materi P5 tentang Perundungan (Bullying)

PPT Materi P5 tentang Perundungan (Bullying) untuk Kurikulum Merdeka
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4 (Kurikulum Merdeka)"