Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)

D. Gejala Globalisasi di Indonesia
Bidang yang mengalami gejala globalisasi di antaranya:
1. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Contoh kemajuan iptek adalah sebagai berikut
a. Penemuan telepon sebagai alat telekomunikasi yang membawa kemudahan bagi penggunanya
b. Penemuan alat transportasi yang bisa digunakan di darat, laut, dan udara
c. Penemuan peralatan kantor
d. Penemuan sumber-sumber energi yang dapat diperbaharui
Selain berbagai contoh tersebut, contoh lain dari gejala globalisasi ilmu pengetahuan adalah mulai maraknya sekolah-sekolah internasional yang membuka cabang di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal
Gejala Globalisasi

Baca Juga: Pengertian Energi Terbarukan, Sejarah, Sumber, dan Manfaatnya

2. Bidang Ekonomi
Globalisasi ekonomi adalah meningkatnya saling ketergantungan ekonomi negara-negara di dunia berkat percepatan pergerakan barang, jasa, teknologi, dan modal lintas perbatasan. Globalisasi ekonomi merupakan proses peningkatan integrasi ekonomi antarnegara yang berujung pada munculnya pasar global dan pasar dunia tunggal. Globalisasi ekonomi terdiri dari globalisasi produksi, pasar, persaingan, teknologi, dan perusahaan dan industri. Jenis globalisasi ini lebih spesifik lagi dikemukakan oleh Tanri Abeng (Hariyanto, 2011), yaitu globalisasi produksi, globalisasi pembiayaan, globalisasi tenaga kerja, globalisasi jaringan informasi, dan globalisasi perdagangan.

3. Bidang Politik
Dengan berkembangnya teknologi informasi lewat berbagai media komunikasi, kita dapat belajar dan mengambil hal-hal yang baik dari negara-negara asing untuk dapat menyempurnakan demokrasi yang sedang kita bangun.

4. Bidang Budaya
Globalisasi telah meningkatkan kontak lintas budaya. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa, terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita internasional. Demikian globalisasi dalam bidang budaya juga dilakukan melalui kunjungan turis-turis asing yang masuk ke suatu negara, serta ajang-ajang perlombaan yang berskala internasional.

5. Bidang Agama
Globalisasi di bidang agama juga merupakan imbas dari globalisasi yang menyangkut sarana dan prasarana keagamaan.

E. Dampak Globalisasi Terhadap Komunitas Lokal
Dampak yang dirasakan dari perubahan sosial karena pengaruh globalisasi mengakibatkan beragam permasalahan. Permasalahan ini juga muncul karena ketidaksiapan masyarakat menghadapi perubahan-perubahan yang ditimbulkan oleh pembangunan-pembangunan. Kondisi ketidaksanggupan atau ketidaksiapan tersebut dinamakan gegar budaya (cultural shock), yaitu masyarakat mengalami guncangan mental akibat belum adanya kesiapan untuk menerima unsur-unsur kebudayaan asing yang berbeda dengan kebudayaan sendiri. Pembangunan itu sendiri sebenarnya membutuhkan penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang seimbang dengan kondisi alam, sosial, dan kebutuhan masyarakat. Namun, sering terjadi bahwa teknologi modern yang diterima masyarakat tidak diimbangi dengan perubahan pada tata nilai dan norma pada masyarakat (cultural lag). Apabila hal ini terjadi, tidak jarang kemudian timbul keresahan, kecemburuan sosial, bahkan konsumerisme pada masyarakat. Akibatnya, terjadilah benturan nilai yang sering kali menimbulkan disintegrasi sosial bahkan keadaan tanpa aturan (anomie) sosial. Berikut beberapa dampak globalisasi di antaranya.
a. Urbanisasi
Globalisasi melahirkan industrialisasi yang tentunya membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak. Muncullah urbanisasi. Urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari pekerjaan pertanian di desa ke pekerjaan industri di kota. Menurut Herlianto, pengertian urbanisasi adalah sebagai berikut.
a) Urbanisasi merupakan suatu proses pertumbuhan daerah pertanian atau pedesaan menjadi perkotaan
b) Urbanisasi adalah proses yang dialami manusia dari bentuk kehidupan agraris menjadi kehidupan industri
c) Urbanisasi merupakan pengembangan daerah pedesaan menjadi daerah perkotaan atau desa yang memiliki ciri-ciri seperti kota
d) Urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari pekerjaan pertanian di desa ke pekerjaan industri di kota

Penyebab urbanisasi adalah adanya daya tarik kota berupa daya tarik ekonomi, daya tarik sosial, daya tarik pendidikan, dan daya tarik budaya. Banyak sekali permasalahan dengan adanya urbanisasi ini, di antaranya:
a. Semakin berkurangnya penduduk desa, terutama yang berusia produktif
b. Banyak sawah/lahan pertanian yang terbengkalai
c. Hasil panen menurun
d. Tingkat kesejahteraan masyarakat desa menurun
e. Muncul pengangguran di kota
f. Kriminalitas dan perilaku menyimpang lainnya meningkat di kota

b. Kesenjangan Sosial Ekonomi
Secara etimologis, kesenjangan berarti 'tidak seimbang, tidak simetris, atau berbeda'. Kesenjangan sosial ekonomi dapat diartikan sebagai tingkat pertumbuhan sosial ekonomi yang tidak sama yang terjadi pada masyarakat yang melaksanakan pembangunan. Hal ini terjadi karena kurang adanya kesempatan untuk memperoleh sumber pendapatan, kesempatan kerja, kesempatan berusaha, dan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan. 

Baca Juga: Pengertian Kesenjangan Sosial, Penyebab, Dampak, dan Contohnya

Berikut faktor-faktor yang mendorong terjadinya kesenjangan ekonomi antara lain.
1. Menurunnya pendapatan per kapita sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi tanpa diimbangi peningkatan produktivitas
2. Ketidakmerataan hasil pembangunan antardaerah sebagai akibat kebijakan politik dan kekurangsiapan sumber daya manusia
3. Rendahnya mobilitas sosial sebagai akibat sikap mental tradisional yang kurang menyukai persaingan dan kurang usaha
4. Hancurnya industri kerajinan rakyat sebagai akibat monopoli para pengusaha bermodal besar
5. Investasi yang sangat banyak pada proyek-proyek yang padat modal (capital intensive), sehingga presentasi pendapatan dari harta tambahan lebih besar dibandingkan dengan presentasi pendapatan kerja.

Kesenjangan sosial ekonomi yang terjadi karena faktor ketidakadilan dalam memberi kesempatan berusaha sering terjadi karena adanya praktik monopoli, kolusi, korupsi, dan nepotisme. Berbagai praktik ketidakadilan akan memperbesar jumlah orang miskin dan frustrasi. Di sisi lain, praktik tersebut dapat memperkaya orang yang sudah kaya. Apabila hal itu terus terjadi akan timbul kecemburuan sosial yang dapat memicu disintegrasi sosial.

c. Pencemaran Lingkungan Alam
Dengan kecanggihan teknologi era globalisasi, manusia cenderung menguasai alam. Dengan teknologi, manusia bisa mengeksplorasi bahkan mengeksploitasi alam dan tanpa menyadari dampak berupa pencemaran yang cukup besar.

Baca Juga: Pengertian Pencemaran Lingkungan, Penyebab, Macam, Dampak, dan Penanggulangannya

d. Kriminalitas
Salah satu dampak pembangunan adalah meningkatnya kriminalitas atau tindak kejahatan, baik secara kualitas maupun kuantitas. Pembangunan yang dilakukan di negara berkembang, seperti Indonesia sering memunculkan masalah-masalah sosial sebagai berikut
a) Menipisnya rasa kekeluargaan
b) Meningkatnya sikap individualistis
c) Meningkatnya tingkat persaingan
d) Meningkatnya pola hidup konsumtif

e. Lunturnya Eksistensi Jati Diri Bangsa
Globalisasi yang ditandai dengan semakin kaburnya sekat-sekat antarnegara tentu berdampak pada eksistensi jati diri bangsa itu sendiri, misalnya dalam bidang teknologi, bidang pendidikan, bidang ideologi, bidang agama, bidang lingkungan dan kesehatan, bidang ekonomi, dan bidang budaya.

Globalisasi ternyata juga memengaruhi unsur bahasa. Bahasa merupakan hasil budaya yang sangat penting. Efek globalisasi ini misalnya berkaitan dengan gaya bahasa, perbendaharaan kata, dan struktur pembahasan. Belum lagi dengan gaya hidup kebarat-baratan masyarakat dan hilangnya nilai-nilai moral yang selama beratus-ratus tahun telah dipupuk masyarakat Indonesia. Hal ini memperlihatkan gejala lunturnya eksistensi jati diri bangsa.

Menurut Kurniawan (2012), paham budaya Barat yang kurang sesuai dengan kebudayaan Indonesia adalah sebagai berikut.
a. Individualisme, yakni suatu paham yang selalu mementingkan kepentingan sendiri (individu)
b. Materialisme, yakni paham yang selalu memandang segala sesuatu berdasarkan materi atau harta benda
c. Sekularisme, yakni suatu paham yang menilai bahwa manusia tidak terikat pada nilai-nilai agama, tetapi hanya mengutamakan akal pikiran dan pendekatan ilmiah rasional
d. Hedonisme, yakni suatu paham yang menganggap bahwa kesenangan atau kenikmatan duniawi merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.


Ket. klik warna biru untuk link

Download

F. Sikap Komunitas Lokal Terhadap Globalisasi

Sumber
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2015. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Esis Erlangga. Jakarta


Lihat Juga
1. Video Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Revisi) (Youtube Channel. https://youtu.be/SSv0ZKUrPX0 ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
2. Video Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Youtube Chanel. https://youtu.be/mUEibnK8_LA ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah..

Media
1. PPT Materi Sosiologi Kelas XII. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
2. PPT Materi Sosiologi Kelas XII. Dampak Globalisasi Terhadap Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. PPT Kelas XII Sosiologi Bab 2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (K-2013)
4. Video Penunjang
5. Materi Pengayaan Sosiologi. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal

Soal-Soal
1. Pilihan Ganda
2. Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 1
3. Esai, Skala Sikap, Penilaian Diri, Kecakapan Hidup
4. Esai. Evaluasi Semester 1

Soal-Soal Lain
1. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Globalisasi dan Dampaknya Klik di Sini
2.  Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Modernisasi dan Globalisasi Klik di Sini
3. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya Klik di Sini
4.  Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas XII Bab 1. Perubahan Sosial, Modernisasi dan Globalisasi Klik di Sini
5. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Modernisasi dan Globalisasi Klik di Sini
    
Pengertian Ahli
1. Pengertian Globalisasi Menurut Ahli
2. Pengertian Komunitas Menurut Ahli


e-Book
1. Elisanti. Titin Rostini. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
2. Bondet Wrahatnala. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
3. Ruswanto. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
4. Bagja Waluya. Sosiologi Kelas XII. Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat
5. Aman Nur Hidayah. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
6. Suhardi. Sri Sunarti. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3


Kamus
1. Kamus Sosiologi
2. Glosarium Sosiologi. Materi Kelas XII
3. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Modernisasi dan Globalisasi

Teori-Teori Sosiologi Relevan Materi
1. Biografi dan Autobiografi Tokoh-Tokoh Sosiologi
2. Konstruksi Teoretis Teori-Teori Sosiologi
3. Polemik Internal Teori-Teori Sosiologi
4. Teori-Teori Sosiologi dari Klasik, Kontemporer, dan Postmodern

Teori-Teori Filsafat Relevan Materi
1. Biografi Filsuf
2. Aliran-Aliran Filsafat
3. Teori-Teori Filsafat dari Yunani, Modern, dan Postmodern
4. Teori-Teori Cultural Studies

Artikel Terkait Lainnya
1. Artikel Sosiologi Terkait Materi
2. Pengetahuan Umum Terkait Materi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)"