Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ivan Pavlov. Classical Conditioning Theory (CCT)

Penemuan Pavlov yang sangat menentukan dalam sejarah psikologi adalah classical conditioning theory (CCT). Melalui penemuannya ini, Pavlov meletakan dasar-dasar behaviorisme yang kelak disempurnakan oleh John Watson. Dalam CCT itu pula ia meletakan dasar-dasar teori pembelajaran. American Psychological Association (APA) mengakui Pavlov sebagai tokoh dengan pengaruh paling besar dalam psikologi modern—selain Sigmund Freud.

CCT pada intinya menyatakan bahwa gejala-gejala kejiwaan individu dapat dilihat dari perilakunya (behavior). Hal ini sesuai dengan pendapat para psikolog behaviorisme yang menyatakan bahwa yang paling sentral dalam kehidupan manusia bukanlah pikiran dan pembicaraan, melainkan tingkah lakunya. Sebagai contoh, pemikiran atau pembicaraan manusia mengenai rencana barunya akan berarti benar jika ia berbuat sesuatu. Untuk menjustifikasi ide ini, Pavlov mengadakan eksperimen dengan menggunakan binatang. Sebab, ia percaya dalam konteks ide tersebut, binatang memiliki kesamaan dengan manusia.

Classical conditioning (persyaratan klasik) ialah proses di mana perangsang asli dan netral dipasangkan dengan stimulus bersyarat secara berulang-ulang sehingga memunculkan respons yang diinginkan. Objek eksperimen yang digunakan oleh Pavlov adalah anjing. Secara spesifik, ia meneliti fungsi kelenjar ludah pada anjing. Hal itu menurut Pavlov merupakan contoh klasik bagaimana perilaku tertentu dapat dibentuk melalui pengaturan dan manipulasi lingkungan, misalnya anjing berliur ketika melihat makanan. Pembentukan perilaku semacam itu disebut proses pensyaratan (conditioning process). Tindakan berliur pada anjing selanjutnya menjadi kebiasaan sehingga air liur terus keluar meskipun tidak ada makanan. Pavlov menyebut air liur anjing sebagai contoh dari pensyaratan (conditioning).


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Ivan Pavlov. Biografi Psikolog
2. Ivan Pavlov. Eksperimen 
3. Ivan Pavlov. Teori
4. Ivan Pavlov. Hukum Pembelajaran
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Ivan Pavlov. Classical Conditioning Theory (CCT)"