Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Evolusi

Secara sederhana konsep evolusi mengacu pada sebuah transformasi yang berlangsung secara bertahap. Dalam pandangan para antropolog, istilah evolusi merupakan gagasan bahwa bentuk-bentuk kehidupan berkembang dari suatu bentuk ke bentuk lain melalui mata rantai transformasi dan modifikasi yang tak pernah putus. Konsep evolusi yang sering digandengkan dengan pengertian perubahan secara perlahan-lahan tapi pasti, diawali dengan karya Charles Darwin dalam bukunya yang terkenal Origin of Species (1859). Sebenarnya, gagasan ini menyatakan bahwa bentuk-bentuk kehidupan berkembang dari bentuk yang satu ke bentuk lainnya diperkirakan sudah sejak zaman Yunani kuno, sejumlah pemikir sejak masa itu telah membuat postulat yang serupa atau mendekati pengertian asal usul kehidupan yang evolusioner. Banyak pelopor sebelum Darwin, termasuk kakeknya sendiri, mengakui adanya keragaman dan diversitas kehidupan dengan mengajukan hipotesis tentang modifikasi evolusioner.
Gagasan tentang evolusi melalui seleksi alam merupakan gagasan utama Darwin dalam bukunya tersebut. Darwin dianggap telah mencapai pemahaman yang koheren—meski tidak lengkap karena ia tidak tahu tentang proses hereditas atau pewarisan karakter yang kemudian ditemukan oleh Gregor Mendel (Dobzhansky, 1962; Huxley, 1942)—pengaruhnya begitu luas, bukan hanya bidang biologi saja, tetapi melebar ke bidang-bidang sosial budaya. Oleh karena itu, terminologi evolusi tidak berhenti dalam bidang biologi, tetapi merambah ke bidang lain sehingga dikenal istilah-istilah dan teori-teori, seperti Evolusi Keluarga, Evolusi Agama, dan Evolusi Sosial Budaya. Untuk nama yang terakhir, sering overlap dengan Darwinisme Sosial, di mana Herbert Spencer merupakan sumber pertama yang memunculkan jargon the survival of the fittest (daya tahan dari jenis atau individu yang memiliki ciri-ciri paling cocok dengan lingkungannya), sebagaimana tertuang dalam karyanya Principles of Sociology.

Ket. klik warna biru untuk link

Download

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Video Tentang Evolusi Sosial (Youtube Chanel. https://youtu.be/8C1GrdvJwQk )

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial  
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Evolusi"