Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vilfredo Pareto (1848-1923)

Vilfredo Federico Damaso Pareto adalah seorang insinyur Italia, sosiolog, ekonom, ilmuwan politik dan filsuf. Dia memberikan beberapa sumbangan penting dalam bidang ekonomi, terutama dalam studi distribusi pendapatan dan dalam analisis pilihan individu. Vilfredo Pareto memperkenalkan konsep efisiensi Pareto dan juga membantu mengembangkan bidang ekonomi mikro. Vilfredo Pareto juga merupakan orang pertama yang menemukan bahwa pendapatan mengikuti distribusi Pareto, yang merupakan kuasa hukum distribusi probabilitas. Vilfredo Pareto juga memberikan kontribusi untuk bidang sosiologi dan matematika.

Pareto lahir pada 15 July 1848, dari sebuah keluarga bangsawan Genoa yang diasingkan tahun 1848 di Paris. Ayahnya, Raffaele Pareto (1812-1882), adalah seorang insinyur sipil Italia. Ibunya, Marie Metenier, adalah seorang wanita Prancis. Vilfredo Pareto dan keluarganya kembali ke Italia pada tahun 1858. Pada masa kecilnya, Vilfredo Pareto tinggal di lingkungan kelas menengah, dia menerima standar pendidikan yang tinggi . Pada tahun 1870, ia meraih gelar di bidang teknik, yang sekarang menjadi Universitas Politeknik Turin. Disertasinya berjudul Prinsip-prinsip Dasar Ekuilibrium di Badan padat. Kemudian dia cenderung tertarik pada analisis ekuilibrium dalam ilmu ekonomi dan sosiologi.

Beberapa tahun setelah lulus, Vilfredo Pareto bekerja sebagai seorang insinyur sipil, pertama untuk Perusahaan Kereta Api milik negara Italia dan kemudian di industri swasta. Dia tidak memulai pekerjaan serius di bidang ekonomi sampai usia pertengahan empat puluhan. Pada tahun 1886 ia menjadi dosen ekonomi dan manajemen di University of Florence. Keberadaannya di Florence, dia isi dengan kegiatan politik, sebagian besar didorong oleh rasa frustrasi sendiri atas regulator pemerintah. Pada tahun 1889, setelah kematian orang tuanya, Pareto berubah gaya hidupnya, ia berhenti pekerjaannya dan menikah dengan seorang perempuan Rusia, Alessandrina Bakunin. Namun kemudian Pareto pergi meninggalkan Alessandrina bersama pelayannya yang masih muda.

Pada tahun 1893, Pareto diangkat sebagai dosen di bidang ekonomi di University of Lausanne di Swiss, di mana dia menetap sampai sisa hidupnya. Pada tahun 1906, Pareto mengembangkan apa yang disebutnya Hukum 80/20. Risetnya mengindikasikan bahwa dalam sebuah bisnis, 20% barang dagangannya menghasilkan 80% bisnisnya dan bahwa kira-kira 20% populasi mengendalikan kira2 80% kekayaan. Namun gagasan ekonomi tersebut dianggap cacat. Hal tersebut membuat Pareto mencela pemimpin sosialis sebagai 'aristokrasi perampok' yang mengancam akan merampas negeri dan mengkritik pemerintah Giovanni Giolitti untuk tidak mengambil sikap lebih keras terhadap pemogokan pekerja. Keresahan yang berkembang di kalangan tenaga kerja di Italia membawanya ke kamp anti-sosialis dan anti-demokratis.

Tahun-tahun Pareto kemudian dihabiskan dalam mengumpulkan bahan untuk karyanya yang paling terkenal, yakni Trattato di sociologia generale (1916), Pikiran dan Masyarakat (1935) dan karya terakhirnya adalah Compendio di sociologia generale (1920).


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Sumber
https://profil.merdeka.com/mancanegara/v/vilfredo-pareto


Baca Juga
Vilfredo Pareto. Sekilas Pemikiran
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Vilfredo Pareto (1848-1923)"