Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

William Graham Sumner

Biografi William Graham Sumner
William Graham Sumner
Dia adalah orang pertama yang mengajarkan mata kuliah pertama di Amerika Serikat yang dapat disebut sosiologi (Delaney, 2005b). Sumner berpendapat bahwa dia telah mengajar sosiologi bertahun-tahun sebelum usaha seperti itu dilakukan di universitas lain di dunia (Curtis, 1981:63).

Sumner adalah pendukung utama Darwinisme Sosial di Amerika Serikat, meskipun dia tampak mengubah pandangan hidupnya di kemudian hari (Delaney, 2005b; Dickens, 2005; N. Smith, 1979; Weiler, 2007a, 2007b). Sumner pada dasarnya menganut pendekatan kelestarian bagi yang terkuat untuk dunia sosial. Seperti Spencer, dia melihat manusia berjuang melawan lingkungannya, dan yang terkuatlah yang akan berhasil. Dengan demikian Sumner adalah pendukung keagresifan dan persaingan manusia. Orang yang berhasil pantas mendapatkannya, dan orang yang tidak, pantas untuk gagal. Sekali lagi seperti Spencer, Sumner menentang usaha-usaha, khususnya usaha-usaha pemerintah, untuk membantu orang-orang yang telah gagal.

Di dalam pandangannya, campur tangan seperti itu bertentangan dengan seleksi alam yang, di kalangan manusia seperti di kalangan hewan yang lebih rendah, membiarkan yang terkuat untuk bertahan hidup dan yang lemah untuk binasa. Seperti yang dinyatakan Sumner, Jika kita tidak menyukai kelangsungan hidup bagi yang terkuat, satu-satunya alternatif yang mungkin bagi kita hanyalah bahwa yang bertahan hidup adalah yang tidak kuat (Curtis, 1981:84). Sistem teoritis tersebut cocok sekali dengan perkembangan kapitalisme karena memberikan legitimasi teoritis untuk keberadaan perbedaan-perbedaan besar di bidang kekayaan dan kekuasaan.

Minat historis Sumner tidak lebih dari sekedar dua alasan. Pertama, orientasi dan Darwinisme Sosialnya pada umumnya telah dipandang tidak lebih dari legitimasi kejam atas kapitalisme yang kompetitif dan status quo. Kedua, dia gagal membangun suatu dasar yang cukup kuat di Yale untuk membangun suatu aliran sosiologi dengan banyak siswa. Jenis kesuksesan itu terwujud beberapa tahun kemudian di Universitas Chicago (Heyl dan Heyl, 1976). Meskipun sukses di zamannya hanya sedikit yang mengingat Sumner sekarang ini (Curtis, 1981:146).


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Baca Juga
1. Teori-Teori Sosiologi Sesudah Comte. Mazhab Organis dan Evolusioner
2. Tokoh-Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "William Graham Sumner"