Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wilhelm Dilthey

Biografi Wilhelm Dilthey
Wilhelm Dilthey
Wilhelm Dilthey (lahir di Biebrich, Wiesbaden, Konfederasi Jerman, 19 November 1833-meninggalkan Schlern, Austria-Hongaria, 1 Oktober 1911 pada umur 77 tahun) adalah seorang sejarawan, psikolog, sosiolog, siswa hermeneutika, dan filsuf Jerman. Dilthey dapat dianggap sebagai seorang empirisis, berlawanan dengan idealisme yang meluas di Jerman pada waktu itu, tetapi penjelasannya tentang apa yang empiris dan eksperensial berbeda dengan empirisisme Britania dan positivisme dalam asumi-asumi epistemologis dan ontologis sentralnya, yang diambil dari tradisi-tradisi sastra dan filsafat Jerman.

Dilthey diilhami sebagian oleh karya-karya Friedrich Schleiermacher tentang hermeneutika, yang ia ikut hidupkan kembali. Kedua tokoh ini terkait dengan Romantisisme Jerman. Aliran hermeneutika romantis menekankan bahwa para penafsir yang tertanam (embedded) secara historis—seorang subjek yang hidup dan bukan subjek Cartesian atau teoritis—menggunakan pemahaman dan interpretasi, yang menggabungkan deskripsi dan analisis individual-psikologis dan sosial-historis, untuk memperoleh pengetahuan yang lebih dalam tentang teks dan penulisnya di dalam konteks mereka.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Teori
1. Filsafat Kehidupan Wilhelm Dilthey
2. Dilthey, Gadamer, dan Hermeneutika Makna
3. Sejarah Hermeneutik
 
Sumber.
Haryanta, Agung Tri dan Eko Sujatmiko. 2012. Kamus Sosiologi. Aksara Sinergi Media. Surakarta.
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Wilhelm Dilthey"