Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sokrates. Riwayat Hidup

Riwayat Hidup Sokrates
Sokrates
Sokrates dijatuhi hukuman mati pada tahun 399 SM. Kita tahu bahwa saat itu usianya 70 tahun. Itu berarti bahwa ia lahir pada tahun 470 atau sekitarnya. Konon bapaknya, Sophroniskos, adalah pemahat, tetapi agaknya berita itu tidak mempunyai dasar historis. Ibunya, Phainarete, adalah bidan. Ada kesaksian pula bahwa Sokrates adalah murid Arkhelaos, filsuf yang mengganti Anaxagoras di Athena. Kita mendengar bahwa ia juga membaca buku Anaxagoras, karena tertarik oleh ajarannya mengenai nus. Tetapi ia sangat kecewa tentang isi ajaran itu. Pada usia masih muda ia berbalik dari filsafat alam dan mulai mencari jalannya sendiri.

Karena Sokrates masuk tentara Athena sebagai hopilites (infanteri), dapat disimpulkan bahwa mula-mula ia tidak kekurangan, sebab di Athena hanya pemilik-pemilik tanah diizinkan dalam pasukan itu. Tetapi lama-kelamaan ia menjadi miskin, karena ia mengutamakan keaktifannya sebagai filsuf. Pada usia lebih lanjut ia menikah dengan Xantippe. Pandangan populer yang melukiskan wanita ini dengan ciri-ciri tiranik tidak mempunyai dasar historis. Ia dikaruniai tiga anak laki-laki; dua di antara mereka masih kecil pada waktu kematiannya.

Bertentangan dengan pada Sofis, Sokrates tidak meninggalkan kota asalnya kecuali tiga kali ketika ia memenuhi kewajiban sebagai warga negara di medan perang. Dalam pertempuran ia menonjol karena keberaniannya. Satu kali ia menyelamatkan hidup sahabatnya, Alkibiades. Sedapat mungkin ia tidak campur tangan dalam politik. Tetapi apabila beberapa kali ia menunaikan tugas negara, ia juga memperlihatkan keberanian yang menonjol. 


Pada tahun 406-405 Sokrates adalah anggota panitia pengadilan yang mempersiapkan perkara terhadap beberapa jenderal dan pada kesempatan ini ia memprotes dengan sangat prosedural dan tidak ilegal. Dua tahun kemudian, pada waktu pemerintahan 30 Tyannoi (404-403), ia menolak mengambil bagian dalam sekongkol yang bertujuan membunuh seorang yang tak bersalah, namanya Leon, dengan maksud supaya barang miliknya dapat disita. Karenanya pasti akan dibunuh sendiri, seandainya rezim itu tidak lekas jatuh.

Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Baca Juga
1. Sokrates. Metode
2. Sokrates. Kepribadian dan Cara Hidupnya
3. Sokrates. Etika
4. Sokrates. Perkara Pengadilan dan Kematiannya
5. Sokrates. Ajaran
6. Sokrates. Pemikiran tentang Politik

Sumber.
Bertens, K. 1999. Sejarah Filsafat Yunani. Kanisius. Yogyakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

Post a Comment for "Sokrates. Riwayat Hidup"