Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Richard Emerson

Biografi Richard Emerson
Richard Emerson
Sketsa Biografis
Richard Emerson lahir di Salt Lake City, Utah, 1925. Dibesarkan di dekat pegunungan, tampaknya dia tidak pernah pergi terlalu jauh dari sungai-sungai, puncak-puncak gunung, dan Gletser. Salah satu prestasi pribadinya yang paling bernilai tinggi adalah partisipasinya dalam pendakian gunung Everest yang sukses pada 1963. Aspek-aspek pengalaman itu terungkap di dalam publikasinya Melintasi Everst dalam Sierra Club Annual Bulletin edisi Desember 1963 dan di dalam sebuah aktikel yang terbit di dalam Sociometri pada 1966. Dia menerima hadiah dari National Science Foundation untuk studi kinerja kelompok yang dilakukan di bawah tekanan berkepanjangan di dalam pendakian tersebut. Proyek itu membuatnya memperoleh Medali Hubbard, yang diberikan kepadanya oleh Presiden Kennedy mewakili National Geographic Society pada Juli 1963 (Cook, 2005).

Cintanya pada pegunungan dan kehidupan sosial pedesaan desa-desa pegunungan di Pakistan menjadi sumber inspirasi sosiologis yang berkesinambungan bagi Richard Emerson selama kariernya. Studi-studinya atas prilaku antarpribadi, kinerja kelompok, kekuasaan, dan pengaruh sosial sering didorong oleh perjumpaan-perjumpaan pribadinya yang dekat dengan tim-tim ekspedisi yang mengalami pemburukan intesionalitas kerja sama dan persaingan karena tekanan lingkungan. Setelah Perang Dunia II dan perjalanan tugas dengan Tentara di Eropa Barat, dia merampungkan B. A. –nya pada 1950 di Universitas Utah dan kemudian meneruskan studinya untuk mendapat M.A. (1950) dan Ph.D. (1955) dari Universitas Minnesota, tempat bidang utamanya adalah sosiologi dan bidang minornya adalah psikologi. Disertasi doktoralnya diberi judul Faktor-faktor Penentu Pengaruh di dalam Kelompok-kelompok Tatap Muka.

Posisi akademik Emerson yang pertama adalah di Universitas Cincinnati (1955-1964). Pada saat meninggalkan Cincinnati Emerson menulis, Suatu tema yang berulang di dalam karya saya terkristal di dalam artikel hubungan-hubungan ketergantungan-kuasa. Akan tetapi, teori itu jelaslah merupakan batu loncatan untuk masa depan daripada suatu rangkuman mengenai masa lampau. Saya mempunyai rencana-rencana yang agak spesifik baik untuk perluasan-perluasan teoritis maupun empiris ke dalam stratifikasi dan struktur kekuasaan komunitas. Dia masih sibuk dengan dengan pekerjaan itu ketika dia meninggal secara tidak terduga pada Desember 1982. Karyanya mengenai hubungan-hubungan ketergantungan kuasa (1986) kini adalah suatu kutipan klasik yang telah mempengaruhi banyak karya dewasa ini mengenai kekuasaan di dalam sosiologi Amerika.

Dua potongan karya lainnya, sangat berpengaruh. Hal itu adalah dua bab karyanya mengenai teori pertukaran sosial yang ditulis pada 1967 dan berikutnya diterbitkan pada 1972. Karya tersebut dirampungkan di Universitas Wahington, ketika dia bergabung dengan fakultas itu pada 1965. Dia tertarik ke Northwest, saya yakin, karena daya tarik Olympics dan Cascades. Pengaruh Emerson pada teori sosiologis mengkristal selama dia berada di Universitas Washington tempat dia berkolaborasi dengan Karen Cook selama sepuluh tahun (1972-1982) dalam pengembangan empiris teori pertukaran sosial. Mereka melaksanakan suatu program riset di dalam laboratorium pertama yang terkomputerisasi untuk melaksanakan riset tipe itu di Amerika Serikat. Pekerjaan tersebut didanai oleh tiga subsidi berturut-turut dari National Science Foundation.

Emerson dikenal oleh para mantan kolega dan mahasiswanya sebagai pemikir. Aspek personalitasnya itu ditangkap paling baik didalam sebuah kutipan dari sebuah artikel yang dia tulis pada 1960 di dalam buku Robert Bowen The New Professors: Jadi, apa nilai yang terdapat dalam studi akademik (yakni, ‘tidak praktis, terpisah-dari-kehidupan’) suatu topik? Orang-orang juga mengajukan pertanyaan itu. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sulit dijawab karena orang-orang yang bertanya tidak pernah mendaki sebuah gunung dan tidak tertarik pada suatu topik. Saya mengatakan mereka terpisah sangat jauh dari kehidupan.

Sketsa biografis ini ditulis oleh Karen Cook


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Richard Emerson"