Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelompok Okupasional dan Volunter

Pengertian Kelompok Okupasional dan Volunter
Kelompok Okupasional
Dalam masyarakat yang sudah semakin heterogen, berkembang sistem pembagian kerja yang semakin didasarkan pada pengkhususan atau spesialisasi. Spesialisasi berkembang terus menjadi hal-hal yang lebih khusus lagi. Muncul pabrik-pabrik di mana para pekerja hanya bertanggung jawab atas satu unsur tertentu dari keseluruhan hasil produksi pabrik tersebut. Pekerja menjadi semakin mampu dalam bidang-bidang yang ditugaskan padanya dan kurang mampu menjalankan tugas lain, walaupun di tempat pekerjaan yang sama. Timbullah keterampilan-keterampilan tertentu, yang dipelajari secara ilmiah. Oleh karena itu, di samping kelompok kekerabatan yang semakin pudar fungsinya, muncul kelompok okupasional yang merupakan kelompok yang terdiri dari orang-orang yang melakukan pekerjaan sejenis. Kelompok semacam ini kemudian sangat besar peranannya di dalam mengarahkan kepribadian seseorang (terutama yang menjadi anggotanya).

Dengan berkembangnya masyarakat, pengkhususan dikembangkan secara ilmiah dan dipusatkan pada lembaga-lembaga pendidikan tertentu. Mereka yang telah menjalankan pendidikan pada lembaga-lembaga tersebut menjadi orang-orang yang sangat terampil dan menguasai ilmu yang dipelajarinya sehingga dapat membantu masyarakat. Melalui keahliannya, mereka membantu masyarakat untuk melaksanakan fungsi-fungsi tertentu. Oleh karena itu, muncullah kelompok profesi yang terdiri dari kalangan profesional yang seolah-olah mempunyai monopoli terhadap bidang ilmu dan teknologi tertentu. Kelompok profesi ini mengembangkan patokan-patokan tingkah laku sendiri, yang lazim disebut etika profesi. Apabila dibukukan disebut kode etik profesi.

Demikian, dengan semakin berkembangnya masyarakat, tidak semua kepentingan individual warga masyarakat dapat dipenuhi secara mantap. Salah satu akibat tidak terpenuhinya kepentingan-kepentingan itu, baik yang bersifat material maupun spiritual, adalah munculnya kelompok-kelompok volunter. Kelompok volunter mencakup orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama, namun tidak mendapatkan perhatian masyarakat yang semakin berkembang tadi. Dengan demikian, maka kelompok-kelompok volunter akan dapat memenuhi kepentingan-kepentingan anggotanya secara individual, tanpa mengganggu kepentingan masyarakat secara umum.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini 

Lihat Juga
1. Kelompok Okupasional dan Kelompok Volunter (Youtube Chanel. https://youtu.be/1IyO9_zvtmA ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
2. [Video] Kelompok Okupasional dan Volunter (Youtube Chanel. https://youtu.be/BCFAW_K-zKo )

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 5. Kelompok Sosial di Masyarakat (KTSP)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Kelompok Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Kelompok Okupasional dan Volunter"