Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harold Garfinkel

Biografi Harold Garfinkel
Harold Garfinkel
Sketsa Biografis
Seperti kebanyakan orang yang beranjak dewasa selama Depresi dan kemudian Perang Dunia II, Harold Garfinkel menempuh jalan yang sulit untuk memasuki sosiologi. Garfinkel lahir di Newark, New Jersey, pada 29 Oktober 1917. Ayahnya adalah pebisnis kecil yang menjual barang-barang rumah tangga kepada para imigran dengan sistem pembayaran angsuran. Sementara ayahnya sangat ingin agar dia mempelajari perdagangan, Harold ingin memasuki perguruan tinggi. Memang dia memasuki bisnis ayahnya tetapi dia juga mulai mengambil kursus bisnis di Universitas Newark yang pada waktu itu belum diakreditasi. Oleh karena kursus itu cenderung diajar oleh para mahasiswa lulusan sarjana Universitas Columbia, mereka berkualitas tinggi dan, karena para mahasiswa itu kurang pengalaman praktis, kursus itu sangat teoritis. Orientasi teoritis Garfinkel di kemudian hari dan orientasi spesifiknya kepada pemikiran dapat ditelusuri, setidaknya sebagian kepada kursus-kursus itu secara umum, dan khususnya kepada kursus akuntansi mengenai teori perkiraan. Bagaimana Anda membuat kolom-kolom dan gambar-gambar dapat dipertanggungjawabkan (kepada atasan) menurut Garfinkel adalah pertanyaan besar (Rawls, 2000). Juga penting, fakta bahwa Garfinkel bertemu dengan para mahasiswa Yahudi lainnya di Newark yang sedang mengambil kursus di bidang sosiologi dan di kemudian hari menjadi para ilmuwan sosial.

Lulus pada 1939, Garfinkel menghabiskan musim panas di kemah kerja seorang Quaker di Georgia pedesaan. Di sana dia mengetahui bahwa Universitas Calorina Utara mempunyai program sosiologi yang juga diorientasikan kepada peningkatan proyek-proyek kerja publik seperti yang sudah dimasukinya. Mengikuti program itu dengan beasiswa, Garfinkel memilih Guy Johnson sebagai penasihat tesisnya  dan perhatian Johnson pada hubungan-hubungan ras membuat tesis masternya berkenaan dengan pembunuhan antarras. Dia juga diperkenalkan dengan deretan luas teori sosial, yang paling mencolok adalah karya-karya fenomenolog dan yang belakangan diterbitkan (pada 1937) The Structure of Social Action, oleh Talcott Parsons. Meskipun mayoritas luas mahasiswa tingkat sarjana di Calorina Utara pada waktu itu tertarik ke arah statistik dan sosiologi ilmiah, Garfinkel tertarik pada teori, khususnya karya Florian Znaniecki yang sekarang nyaris dilupakan mengenai tindakan sosial dan pentingnya sudut pandang sang aktor.

Garfinkel mengikuti wajib militer pada 1942 dan memasuki angkatan udara. Pada akhirnya dia diberi tugas melatih pasukan dalam peperangan tank di sebuah arena golf di pantai Miami tanpa adanya tank sama sekali. Garfinkel hanya mempunyai gambar-gambar tank dari majalah Life. Tank-tank yang nyata semuanya sedang berada di medan pertempuran. Orang yang akan bersikeras mengenai rincian empiris konkret yang lengkap sebagai pengganti cerita-cerita yang diteorikan, sedang mengajar pasukan-pasukan nyata yang akan memasuki pertempuran, hanya membayangkan tank-tank dalam situasi-situasi ketika hal-hal seperti kedekatan pasukan pada tank yang dibayangkan dapat membuat perbedaan di antara hidup dan mati. Dampak hal itu terhadap perkembangan pandangan-pandangan hanya dapat dibayangkan. Dia harus melatih pasukan melemparkan bahan peledak ke jalan tank-tank imajiner; menjaga agar tank-tank imajiner tidak melihat mereka dengan mengarahkan tembakan ke tutup tank imajiner. Tugas itu mengajukan dalam cara baru dan sangat konkret masalah-masalah mengenai pelukisan yang memadai atas tindakan dan pertanggungjawaban yang telah diambil Garfinkel di Calorina Utara sebagai isu teoretis (Rawls, 2000).

Ketika perang berakhir, Garfinkel melanjutkan studi ke Harvard dan belajar kepada Talcott Parsons. Parsons menekankan pentingnya kategori-kategori abstrak dan generalisasi-generalisasi, akan tetapi Garfinkel tertarik pada deskripsi yang rinci. Ketika Garfinkel mencapai keunggulan dalam disiplin itu, hal tersebut menjadi perdebatan yang sangat penting di dalam sosiologi. Akan tetapi tidak lama kemudian dia lebih berminat pada peragaan empiris manfaat orientasi teoritisnya daripada memperdebatkannya secara abstrak. Sementara dia masih mahasiswa di Harvard, Garfinkel mengajar selama dua tahun di Princeton dan, setelah mendapat gelar doktornya, dia pindah ke Ohio, di sana dia mendapat jabatan dua tahun di dalam suatu proyek uang lunak yang mempelajari kepemimpinan di pesawat udara dan kapal selam. Riset itu dipersingkat karena penyusutan pendanaan, tetapi kemudian Garfinkel bergabung dengan suatu proyek yang menyelidiki para hakim di Wichita, Kansas. Dalam mempersiapkan perbincangan mengenai proyek itu pada pertemuan-pertemuan Asosiasi Sosiologis Amerika 1954, Garfinkel menawarkan istilah etnometodologi untuk melukiskan apa yang membuatnya terpesona tentang pertimbangan-pertimbangan mendalam hakim dan kehidupan sosial secara umum.

Pada musim gugur 1954 Garfinkel mendapat suatu posisi di UCLA, posisi yang dia pegang hingga pensiun pada 1987. Sejak semula, dia menggunakan istilah etnometodologi di dalam seminar-seminarnya. Sejumlah siswa terkemuka mengambil pendekatan Garfinkel dan menyemaikannya di seantero Amerika Serikat dan pada akhirnya di dunia. Yang paling terkenal adalah kelompok para sosiolog, khususnya Harvey Sacks, Emmanuel Schegloff, dan Gail Jefferson, yang terilhami oleh pendekatan Garfinkel, mengembangkan apa yang setidaknya pada masa itu, merupakan varietas etnometodologi yang paling penting—analisis percakapan.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Harold Garfinkel. Etnometodologi
 
Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Harold Garfinkel"