Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gabriel Marcel. Engkau Absolut

Engkau Absolut Gabriel Marcel
Gabriel Marcel
Bagi Marcel, refleksi filosofis tentang kehadiran orang lain menghantar kita kepada kehadiran dari Yang Lain secara istimewa, yaitu Allah. Tidak akan mengherankan, bila kita mendengar bahwa Marcel dengan tegas menolak setiap percobaan untuk membuktikan adanya Allah. Membuktikan selalu berlangsung dalam suasana objektivitas; jadi dalam suasana problem. Gagasan bahwa Allah adalah penyebab misalnya--yang banyak dapat didengar dalam filsafat klasik--bagi Marcel sama sekali tidak masuk akal. Adanya Allah atau--lebih baik--kehadiran Allah termasuk suasana misteri.

Jika saya setia pada hakikat saya sebagai manusia, harus saya akui bahwa saya diliputi oleh misteri yang tidak saya ciptakan sendiri; oleh suatu kehadiran yang melampaui jangkauan saya. Di sini Marcel menggunakan kata-kata kepercayaan dan harapan dalam arti filosofis. Saya percaya pada Engkau Absolut yang merupakan dasar bagi setiap perjumpaan dengan Engkau yang lain. Bukan pembuktian yang menjadi dasar untuk menerima Allah, tetapi imbauan yang berasal dari Engkau Absolut yang dijawab dengan kepercayaan. Dan harapan tidak menyangkut salah satu kejadian yang dinantikan untuk masa mendatang. Harapan adalah kesaksian kreatif tentang Engkau Absolut yang memegang saya dan meliputi saya, walaupun saya menghadapi banyak penderitaan dan kejahatan.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Sumber:

Bertens. K. Filsafat Barat Kontemporer: Prancis. 2001. Gramedia. Jakarta.

Baca Juga
1. Gabriel Marcel. Biografi
2. Pemikiran Filosofis Gabriel Marcel
3. Makna Kehadiran Orang Lain Bagi Saya. Tinjauan Filosofis Gabriel Marcel
4. Gabriel Marcel. Kehadiran
5. Gabriel Marcel. Tubuh sebagai Tubuhku
6. Gabriel Marcel: Aku Ini Apa?
7. Gabriel Marcel. Ada dan Mempunyai
8. Gabriel Marcel. Problem dan Misteri
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Gabriel Marcel. Engkau Absolut"