Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Friedrich Nietzsche. Mazhab Nihilisme

Dalam pemikiran Nietzsche, narasi besar yang keambrukannya mengawali kondisi postmodern adalah kristianitas. Sejak awal abad ke-16, modernitas dan kristianitas telah menampakkan diri sebagai pasangan yang sulit namun bukannya tak sejalan. Baru pada pemikiran di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 perpecahan itu tak terhindarkan. Kematian Tuhan; mengakibatkan pula putusnya korelasi kosmologis di dalam ide tentang Tuhan; yakni penyelenggaraan ilahi (divine providance). Di lain pihak, Nietzsche merumuskan manusia-unggul beserta hubungan kosmologinya, yakni suatu yang tanpa akhir, dunia yang berlangsung abadi.
Mazhab Nihilisme Friedrich Nietzsche
Friedrich Nietzsche
Di dalam situasi ini, tugas suatu pemikiran bukanlah menyerah pada nihilisme pasif yang merupakan hasil dari pemikiran bahwa kini interpretasi moral mengenal dunia sudah berakhir, dan segala interpretasi mestilah berakhir. Tugas pemikiran ialah mengembangkan nihilisme aktif yang ironis sekaligus kreatif, yang merumuskan nilai-nilai baru yang melipatgandakan interpretasi-interpretasi baru. Nietzsche adalah pemikir tentang berbagai akhir, dan dalam hal ini seharusnya dipahami, terutama dan pertama-tama, sebagai akhir dari interpretasi duniawi Kristen bagi seluruh kaitan sosial, psikis, dan filosofisnya. Pun perlu ditambahkan bahwa Nietzsche, lewat pandangannya tentang interpretasi dan dunia yang berlangsung abadi, merupakan pemikir tentang cakrawala dunia yang tanpa batas akhir.

Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Sumber.

Maksum, Ali. 2016. Pengantar Filsafat; dari Masa Klasik hingga Postmodern. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Baca Juga
1. Friedrich Nietzsche. Biografi
2. Friedrich Nietzsche. Culture, Power, Truth
3. Jejak Filsafat Friedrich Nietzsche
4. Friedrich Nietzsche. The Death Of God
5. Friedrich Nietzsche
6. Friedrich Nietzsche. Kehendak untuk Berkuasa
7. Friedrich Nietzsche. Moralitas Budak dan Moralitas Tuan
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Friedrich Nietzsche. Mazhab Nihilisme"