Dr. Arief Budiman, Ph.D

Biografi Arief Budiman
Arief Budiman
Sosiolog Pengkritik Nasionalisme
Soe Hok Djin atau lebih dikenal dengan nama Dr. Arief Budiman, Ph.D. adalah seorang sosiolog lulusan Harvard University, Amerika Serikat. Beliau pernah menjadi dosen di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah dan kemudian di Melbourne University, Melbourne, Australia. Doktor sosiologi sejak masa Presiden Soekarno telah bersuara lantang mengkritik kebijakan pemerintah, baik pada masa Orde Lama hingga pemerintahan Mega Wati.

Setelah kerusuhan Mei 1998, beliau meninggalkan Indonesia dan bermukim di Melbourne, Australia. Kekeritisannya dalam bersikap membuatnya dinilai tidak nasionalis. Para pengkritik beralasan, beliau sering mengkritik keadaan tanah air, tetapi beliau sendiri memilih tinggal di Australia. Polemik itu membuat beliau mengungkapkan pendapatnya mengenai nasionalisme. Menurut Arief Budiman, nasionalisme bersifat fleksibel, kadang-kadang dipakai untuk diri sendiri tetapi bisa juga dipakai untuk kepentingan bangsa seluruhnya. Nasionalisme harus dilihat pada situasi, tempat, waktu, serta siapa yang menggunakan.

Secara teoritis, nasionalisme adalah persatuan kelompok dari suatu bangsa yang mempunyai sejarah yang sama, bahasa yang sama, dan pengalaman bersama. Tetapi definisi semacam itu jarang terjadi. Yang biasa terjadi adalah pemakaian pengertian nasionalisme secara spesifik sehingga rentan terhadap manipulasi. Arief Budiman berpendapat bahwa rumusan umum nasionalisme adalah tatkala semua pihak mengutamakan kepentingan bangsa di atas segalanya. Dalam definisi demikian apapun bisa masuk, misalnya jika negara kesatuan adalah sesuatu yang penting untuk mengembangkan bangsa maka hal itu adalah nasionalisme.

Demikian pula jika ada orang yang mengatakan bahwa negara federal akan lebih baik bagi kepentingan meningkatkan kesejahteraan semua masyarakat sebagai bangsa maka itu juga nasionalisme. Nasionalisme adalah tujuan yang bisa dicapai dengan bermacam cara termasuk dalam hal amandemen konstitusi apakah perubahan itu baik bagi bangsa ini atau tidak. Perubahan-perubahan yang terjadi di Indonesia dilihat oleh Arief Budiman sebagai sebuah pergerakan sejarah yang tetap memberikan harapan.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Dr. Arief Budiman, Ph.D"