Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Demokritos. Riwayat Hidup

Demokritos lahir di kota Abdera di pesisir Thrake di Yunani Utara. Ia hidup kira-kira dari tahun 460 sampai tahun 370. Ia berasal dari keluarga yang kaya raya. Diceritakan bahwa dalam masa mudanya ia mempergunakan warisannya untuk bepergian ke Mesir dan negeri-negeri Timur lainnya. Banyak data tentang hidupnya tercampur dengan legenda-legenda yang kebenarannya tidak dapat dipercaya. Yang pasti ialah bahwa Demokritos harus dipandang sebagai seorang sarjana yang menguasai banyak lapangan keahlian.

Kita telah mewarisi suatu daftar dari abad pertama sesudah Masehi yang menyebutkan 70 karya karangan Demokritos tentang bermacam-macam pokok: kosmologi, matematika, astronomi, logika, teknik, musik, puisi, dan lain-lain. Satu karya pada daftar itu diatasnamakan Leukippos. Dari sebab itu, boleh diperkirakan bahwa semua karya itu merupakan buah pena dari mazhab Abdera pada umumnya dan bukan saja karangan Demokritos sendiri. Sekarang kita hanya memiliki kira-kira 300 fragmen pendek saja, kebanyakan tentang etika dan pasti tidak semua otentik. Filsuf Roma yang bernama Cicero mengagumi gaya bahasa Demokritos yang disetarafkannya dengan gaya bahasa Plato.

Sebenarnya Demokritos tidak boleh dihitung lagi sebagai filsuf prasokratik karena usianya lebih muda dari Sokrates. Tetapi ada beberapa alasan yang menyebabkan bahwa Demokritos sebaiknya dibicarakan dalam rangka filsafat prasokratik. Pertama-tama, seperti sudah dikatakan di atas, ajaran Leukippos, yang tentu termasuk filsafat prasokratik, hampir tidak dapat dipisahkan dari ajaran Demokritos. Selanjutnya, problematik filsafat Demokritos masih terbatas pada masalah-masalah yang diajukan oleh filsafat prasokratik. Demokritos tidak dipengaruhi oleh filsafat gaya baru yang berkembang di Athena dalam kalangan Sokrates. Dari lain pihak, rupanya di Athena filsafat Demokritos cukup lama tidak dikenal. Plato tidak mengetahui atomisme. Tetapi Aristoteles, yang juga berasal dari Yunani Utara, menaruh perhatian besar untuk pandangan atomisme dan karenanya merupakan sumber informasi yang penting.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Baca Juga
1. Demokritos. Ajaran Mengenai Manusia
2. Demokritos. Etika
3. Demokritos dan Leukippos. Ajaran Atomisme

Sumber.
Bertens, K. 1999. Sejarah Filsafat Yunani. Kanisius. Yogyakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Demokritos. Riwayat Hidup"