Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 4. 3 Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)

Bacalah stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.

Tantangan untuk Mendapatkan Pendidikan Berkualitas
Siswa Sekolah Dasar di utara Kalimantan mengalami ketertinggalan dalam sistem pembelajaran akibat tantangan yang dihadapi untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Tantangan tersebut mengakibatkan siswa kehilangan kemampuan belajarnya dan guru tidak dapat menyesuaikan diri kembali mengajar saat luring.

Tantangan utama yang dihadapi siswa adalah akses yang tidak memadai menuju sekolah, seperti jarak yang jauh dan kondisi jalan yang rusak. Tantangan lain adalah adanya tuntutan untuk ikut orang tua bekerja, berkebun, bahkan merantau. Pandemi Covid-19 juga menambah tantangan tersebut. Walaupun sebagian besar siswa belajar secara daring dan luring, kompetensi dan kemampuan belajar mengalami penurunan. Kondisi ini disebut dengan "Efek Matthew" dalam pendidikan, di mana makin besar ketertinggalan siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran, makin besar pula dampaknya dalam proses pembelajaran ke depannya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan solusi dengan membuat sistem Merdeka Belajar Episode Kelima Belas: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar sebagai upaya pemulihan pembelajaran dalam pendidikan pasca pandemi. Perubahan kurikulum ini diharapkan dapat membuat struktur kurikulum lebih fleksibel, fokus pada materi esensial, serta memberikan keleluasaan bagi guru menggunakan perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa. Adapun platform Merdeka Belajar menyediakan referensi bagi guru untuk terus mengembangkan praktik mengajar secara mandiri.

(Sumber: detik.com dengan penyesuaian)

Soal 1
Berdasarkan stimulus, yang dimaksud dengan Efek Matthew adalah makin
A. kecil ketertinggalan siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran, makin besar dampak dalam proses pembelajaran.
B. besar ketertinggalan siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran, makin besar dampak dalam proses pembelajaran.
C. besar ketertinggalan siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran, makin memudahkan dalam proses pembelajaran
D. besar ketertinggalan siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran, makin tinggi kualitas pembelajaran yang diterima.
E. kecil ketertinggalan siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran, makin rendah kualitas pembelajaran yang diberikan.

Soal 2
Berdasarkan stimulus, manakah di antara pernyataan berikut yang sesuai dan tidak sesuai? Berilah tanda centang (✔) pada kolom yang tepat.

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI
Soal 3
Berdasarkan stimulus, jelaskan prinsip inklusi dan kesetaraan yang diharapkan dengan penerapan sistem Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar.

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 4. 1 Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 4. 2 Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 4: Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 4. 3 Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)"