Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 3 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.

Hilangnya Sawah dan Dampaknya terhadap Masyarakat
Lahan pertanian pangan Indonesia, terutama sawah, sejak lama menghadapi tekanan alih fungsi lahan yang masif. Lahirnya UU No 41/2009 tentang Perlindungan LP2B (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan) tidak mampu menurunkan tekanan alih fungsi lahan ini.

Sepanjang 2013-2019, lahan sawah nasional berkurang 287 ribu hektare, dari 7,75 juta hektare pada 2013 menjadi 7,46 juta hektare pada 2019. Alih fungsi lahan sawah di Jawa di mana 46,5 persen sawah berada, terutama untuk proyek residensial. Sedangkan, alih 'fungsi di luar Jawa, terutama di Sumatra (23,5 persen), Sulawesi (13,0 persen), dan Kalimantan (9,7 persen) lebih banyak untuk kepentingan pertanian lain, seperti perkebunan dan nonresidensial.

Sawah adalah input terpenting untuk produksi pangan, dengan tanaman pokok adalah padi dan tanaman tambahan dapat berupa palawija, sayuran, maupun buah-buahan. Untuk menciptakan ekosistem sawah, dibutuhkan investasi yang lama dan mahal, mulai dari waduk, jaringan irigasi, pencetakan sawah, alat dan mesin pertanian, hingga sarana pendukung pasca panen, seperti penggilingan gabah, lumbung beras, dan infrastruktur perdesaan. Dan, faktor produksi terpenting, yaitu petani dengan kapasitas dan budaya pertanian pangan, sangat sulit dan mahal untuk dibentuk.

Dengan posisinya sebagai pangan utama bagi sebagian besar masyarakat, beras hingga kini adalah komoditas terpenting di Indonesia. Namun, kemampuan lahan sawah untuk menyediakan beras dalam jumlah yang memadai telah berada pada batas kritis. Melindungi lahan baku sawah yang tersisa adalah kebijakan yang tidak dapat ditawar lagi. Sekali lahan sawah beralih fungsi, maka sangat sulit dikembalikan, nyaris irreversible. Hilangnya lahan sawah akan segera diikuti dengan hilangnya para petani dan budaya pertanian pangan yang tidak ternilai.

Ancaman terbesar bagi kedaulatan pangan datang dari rendahnya kesejahteraan petani. Sektor pertanian kini makin tidak populer, makin ditinggal oleh tenaga kerja muda dan talenta terbaik bangsa. Ketimpangan kepemilikan lahan dan struktur biaya produksi yang tidak efisien menjadi hambatan terbesar dalam mendorong usaha pertanian. Dengan rendahnya hasil dari usaha pertanian, maka tekanan kompetisi dari sektor lain untuk pemanfaatan sumber daya pertanian pangan, sering berakhir dengan alih fungsi sumber daya, terutama lahan dan tenaga kerja.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan, antara lain mempertahankan sawah dan pertanian skala kecil di Jawa, pengembangan usaha pertanian pangan berbasis keluarga (family farming), kemudahan akses ke pangan segar dan terjangkau melalui lumbung pangan lokal, serta menjamin kelancaran arus distribusi pangan desa-kota.

Sumber. Dikutip dari https://www.republika.id/posts/29052|hilangnya-sawah-kami dengan penyesuaian.

1. Alih fungsi lahan sawah makin masif dilakukan, terbukti dengan berkurangnya lahan sawah nasional sebanyak 287 ribu hektare. Alih fungsi lahan sawah terbanyak terjadi di daerah Jawa yang beralih fungsi menjadi
A. perkebunan
B. proyek residensial
C. kawasan industrial
D. proyek nonresidensial
E. pertambangan mineral

2. Berdasarkan teks, tentukanlah pernyataan-pernyataan yang benar atau salah dengan cara memberikan tanda centang (✔) pada kolom Benar atau Salah.

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI
3. Terjadinya peralihan fungsi lahan sawah akan berdampak pada kebutuhan pangan utama masyarakat Indonesia yaitu beras. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya alih fungsi lahan sawah tersebut?

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 1 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial  (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 4 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial  (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 3 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)"