Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 1 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.

Konflik antara Penambang Pasir dengan Masyarakat Sekitar
Di daerah aliran sungai, terjadi konflik antara penambang pasir ilegal dan warga masyarakat sekitar aliran sungai tersebut. Konflik tersebut dipicu oleh penambangan pasir ilegal yang meresahkan warga masyarakat setempat. Penambangan tersebut telah menyebabkan beberapa kali terjadi longsor di sekitar area penambangan. Longsor tersebut bahkan menelan korban jiwa dan kerugian material serta kerusakan lingkungan alam di sekitar wilayah penambangan. Konflik terjadi setelah warga merasa tidak ada tindakan tegas dari pemerintah terkait aktivitas penambangan liar tersebut.

Penambangan pasir sendiri memiliki dampak positif, antara lain sebagai sumber penghasilan atau lapangan kerja dan menyediakan pasir sebagai bahan bangunan atau olahan lain. Pasir termasuk komoditas batuan yang memiliki peran penting dalam memberikan dukungan material untuk pembangunan infrastruktur, seperti dalam pembuatan jalan, bendungan, bandara, perumahan, dan gedung perkantoran.

Untuk melakukan penambangan pasir, diperlukan IUP (Izin Usaha Pertambangan) dari pihak yang berwenang, seperti dari Kementerian ESDM dan pemerintah daerah. Pemerintah sudah menetapkan peraturan terkait prosedur penambangan pasir, termasuk penentuan lokasi dan tata cara penambangan. Contohnya, agar tidak merusak lingkungan, penambangan dilakukan di sungai yang masih menyimpan deposit pasir yang banyak atau mengalami pendangkalan karena aliran atau banjir lahar dingin.

Namun, sering kali penambangan pasir ilegal dilakukan di wilayah-wilayah yang berdekatan dengan permukiman warga dan tidak menggunakan tata cara penambangan yang seharusnya sehingga berdampak pada kehidupan warga sekitar. Selain meningkatkan potensi longsor, penambangan liar juga dapat berdampak pada sumber-sumber air di wilayah sekitar, seperti berkurangnya debit mata air atau mengganggu dan mengubah aliran sungai di lokasi penambangan. Aktivitas penambangan dan lalu lintas kendaraan pengangkut pasir juga berpotensi menimbulkan polusi udara serta kerusakan sarana jalan umum yang tidak dibangun untuk menampung kendaraan berat.

(Diolah dari berbagai sumber)

1. Berdasarkan teks tersebut, salah satu dampak penambangan pasir ilegal yang berkaitan dengan sarana infrastruktur masyarakat adalah ...
A. mematikan sumber mata air
B . menimbulkan polusi udara
C. merusak jalan-jalan warga
D. merusak lingkungan alam
E. merusak kebun warga

2. Berdasarkan teks tersebut, manakah pernyataan berikut yang sesuai dan tidak sesuai dengan isi stimulus? Berilah tanda centang (✔) pada kolom Sesuai atau Tidak Sesuai.

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI
Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial  (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 3 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 4 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial  (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 1 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)"