Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 3 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

1. Jawaban: B

Pembahasan:
Pada teks disebutkan bahwa sepanjang 2013-2019, lahan sawah nasional berkurang 287 ribu hektare, dari 7,75 juta hektare pada 2013 menjadi 7,46 juta hektare pada 2019. Alih fungsi lahan sawah di Jawa di mana 46,5 persen sawah berada, terutama untuk proyek residensial.

2. Jawaban:

Pembahasan:
Pernyataan (A) salah. Pada paragraf kedua tertuliskan bahwa "Sedangkan, alih fungsi di luar Jawa, terutama di Sumatra (23,5 persen), Sulawesi (13,0 persen), dan Kalimantan (9,7 persen) lebih banyak untuk kepentingan pertanian lain, seperti perkebunan dan nonresidensial."
Pernyataan (B) benar. Pada paragraf ketiga tertulis bahwa "Untuk menciptakan ekosistem sawah, dibutuhkan investasi yang lama dan mahal, mulai dari waduk, jaringan irigasi, pencetakan sawah, alat dan mesin pertanian, hingga sarana pendukung pasca panen, seperti penggilingan gabah, lumbung beras, dan infrastruktur perdesaan."
Pernyataan (C) salah. Pada paragraf keempat tertulis bahwa "Dengan posisinya sebagai pangan utama bagi sebagian besar masyarakat, beras hingga kini adalah komoditas terpenting di Indonesia. Namun, kemampuan lahan sawah untuk menyediakan beras dalam jumlah yang memadai telah berada pada batas kritis." Berdasarkan pernyataan tersebut maka akan berdampak pada kebutuhan pangan masyarakat.
Pernyataan (D) benar. Pada paragraf kelima tertulis bahwa "Dengan rendahnya hasil dari usaha pertanian, maka tekanan kompetisi dari sektor lain untuk pemanfaatan sumber daya pertanian pangan, sering berakhir dengan alih fungsi sumber daya, terutama lahan dan tenaga kerja."
Pernyataan (E) benar. Pada paragraf kelima tertulis bahwa "Ketimpangan kepemilikan lahan dan struktur biaya produksi yang tidak efisien menjadi hambatan terbesar dalam mendorong usaha pertanian."

3. Jawaban:
Upaya-upaya yang dapat dilakukan, antara lain mempertahankan sawah dan pertanian skala kecil di Jawa, pengembangan usaha pertanian pangan berbasis keluarga (family farming), kemudahan akses ke pangan segar dan terjangkau melalui lumbung pangan lokal, serta menjamin kelancaran arus distribusi pangan desa-kota.

Soal klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 1 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial  (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 4 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial  (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 3 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)"