Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

1. Jawaban: E

Pembahasan:
Pada alinea kedua teks, dituliskan dampak-dampak ujaran kebencian. Salah satunya adalah dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Jawaban:
(A) Tidak Sesuai
(B) Sesuai
(C) Tidak Sesuai
(D) Sesuai
(E) Sesuai

Pembahasan:
Pernyataan A tidak sesuai. Ujaran kebencian merupakan bentuk dari pelanggaran toleransi dan akan mengakibatkan perpecahan bangsa.
Pernyataan B sesuai. Indonesia memang terdiri dari berbagai kelompok suku, agama, dan ras. Namun, hendaknya perbedaan tersebut mendorong pada persatuan dan kesatuan bangsa, bukan menimbulkan perpecahan dan polarisasi. Sayangnya, kesadaran sebagai bagian dari NKRI masih belum dilakukan oleh sebagian masyarakat, sehingga hal ini menjadi penting untuk dilakukan demi menjaga kelestarian persatuan dan kesatuan bangsa.
Pernyataan C tidak sesuai. Penyampaian pendapat di muka umum merupakan hak seluruh warga negara yang telah dijamin negara dalam UUD NRI Tahun 1945.
Pernyataan D sesuai. Ujaran kebencian di muka umum dapat mendorong terjadinya perpecahan bangsa. Jika seseorang melakukan ujaran kebencian, sudah sepatutnya orang tersebut mendapat sanksi yang keras agar tidak melakukannya lagi dan timbul efek jera bagi dirinya.

Pernyataan E sesuai. Kebebasan berpendapat di muka umum bukan berarti seseorang bebas tanpa batas dalam berpendapat, melainkan ada hak orang lain yang perlu dihargai dan diperhatikan. Oleh karena itu, rasa tanggung jawab perlu ada dalam setiap kegiatan berpendapat.

Soal klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 1 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 3 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 4 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial  (Kurikulum Merdeka) 

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)"