Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 1 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

1. Jawaban: C

Pembahasan:
Infrastruktur meliputi jalan, perumahan, perkantoran, bendungan, dan sebagainya. Pada paragraf keempat stimulus dituliskan bahwa aktivitas penambangan pasir dan lalu lintas kendaraan pengangkut pasir berpotensi menimbulkan kerusakan sarana jalan umum karena tidak dibangun untuk dilalui kendaraan berat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

2. Jawaban:
(A) Tidak Sesuai
(B) Tidak Sesuai
(C) Sesuai
(D) Sesuai
(E) Sesuai

Pembahasan:
Pernyataan (A) tidak sesuai. Pada paragraf ketiga teks, terdapat informasi "agar tidak merusak lingkungan, penambangan dilakukan di sungai yang masih menyimpan deposit pasir yang banyak. Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa penambangan pasir pada lokasi yang tepat tidak menimbulkan kerusakan lingkungan alam.
Pernyataan (B) tidak sesuai. Pada paragraf ketiga teks, terdapat informasi "Untuk melakukan penambangan pasir, diperlukan IUP (Izin Usaha Pertambangan) dari pihak yang berwenang, seperti dari Kementerian ESDM dan pemerintah daerah". Kepala desa tidak termasuk Kementerian ESDM atau pemerintah daerah.
Pernyataan (C) sesuai. Informasi tersebut terdapat pada paragraf kedua teks.
Pernyataan (D) sesuai. Informasi tersebut terdapat pada paragraf keempat teks.
Pernyataan (E) sesuai. Informasi tersebut terdapat pada paragraf pertama teks.

Soal klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial  (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 3 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 4 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial  (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pembahasan Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI (Fase F) Bab 2. 1 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)"