Lembar Kerja 2. 6 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Praproyek
Judul                : Pemecahan Permasalahan Sosial
Tujuan              : Mampu merancang rekomendasi pemecahan permasalahan akibat pengelompokan sosial.
Deskripsi Tugas : Melakukan penelitian sederhana tentang pemecahan permasalahan sosial di lingkungan sekitar.

Langkah Kerja:
A. Merumuskan Masalah
1. Sebelumnya, Anda sudah melakukan kegiatan menyusun rancangan penelitian untuk mendesain rekomendasi pemecahan atas masalah sosial di lingkungan sekitar. Pada kegiatan ini, Anda akan melanjutkan pada tahap pelaksanaan penelitian dan penyusunan serta publikasi laporan penelitian tersebut.
2. Lakukan kegiatan ini secara berkelompok sesuai pembagian kelompok pada Kegiatan 2.5 B. Mencari Informasi dan Membuat Rencana Kegiatan

B. Mencari Informasi dan Membuat Rencana Kegiatan
1. Bacalah kembali penjelasan mengenai langkah-langkah pelaksanaan penelitian dan penyusunan serta publikasi laporan penelitian pada buku IPS Sosiologi untuk SMA/ MA Kelas X. Anda juga dapat mencari informasi tambahan dari sumber-sumber lain. Gunakan sumber-sumber yang kredibel untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya.
2. Pelajari kembali rancangan penelitian atau proposal penelitian yang telah disusun sebelumnya. Berdasarkan proposal tersebut, susunlah jadwal pelaksanaan penelitian, dari pengumpulan data hingga publikasi laporan, dan tentukan alat-alat yang akan digunakan selama proses penelitian. Tentukan juga format laporan penelitian dan media yang akan digunakan untuk publikasi.
3. Berbagi tugaslah antaranggota kelompok. Setiap anggota kelompok harus berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan. Pertimbangkan kekuatan dan kelemahan setiap anggota kelompok agar proses penelitian dapat berjalan dengan baik.
4. Kalian dapat berkonsultasi dengan guru mata pelajaran Sosiologi, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, atau Informatika dalam penyusunan rencana ini.

C. Melaksanakan Kegiatan Penelitian
1. Melakukan pengumpulan informasi menggunakan metode yang telah dipilih sebelumnya. Dalam proses ini, hendaknya kalian bersikap sopan dan berpikiran terbuka serta mendengarkan dan menghargai pendapat yang berbeda sebagai cerminan sikap beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
2. Selanjutnya, informasi-informasi tersebut dikelompokkan dan dianalisis bersama. Penalaran kritis diperlukan dalam proses ini agar informasi tersebut dapat diproses, dianalisis, dievaluasi, dan disimpulkan secara objektif.
3. Dokumentasikan dan catat seluruh proses kegiatan pada setiap tahapnya.
4. Perhatikan ketepatan pelaksanaan pengamatan sesuai jadwal yang telah disusun sebelumnya secara mandiri.

D. Menyajikan Hasil Kegiatan
1 Susunlah seluruh informasi, hasil analisis, dan rekomendasi kelompok dalam format laporan yang telah ditentukan sebelumnya. Laporan disusun berdasarkan kaidah penulisan laporan ilmiah yang baik. Lampirkan juga dokumentasi yang telah dibuat selama proses kegiatan.
2. Jangan lupa untuk menggunakan kata atau kalimat yang sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Edisi ke-5 (EYD V) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Konsultasikan dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.
3. Presentasikan laporan tersebut dalam diskusi kelas. Berikan waktu kepada peserta diskusi untuk bertanya atau memberikan masukan atas hasil kerja yang disampaikan. Kemudian, perbaiki laporan kelompok kalian berdasarkan masukan-masukan tersebut.
4. Publikasikan hasil penelitian yang telah dipresentasikan sesuai media publikasi yang telah ditentukan.
5. Apresiasi segala saran, koreksi, dan perbedaan-perbedaan yang ditemukan selama penelitian sebagai bentuk pengembangan sikap berkebinekaan global.

Download

Lihat Juga:

Lembar Kerja 2. 1 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Lembar Kerja 2. 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Lembar Kerja 2. 3 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)  

Lembar Kerja 2. 4 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Lembar Kerja 2. 5 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Lembar Kerja 2. 6 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)"